https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/issue/feed AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2025-02-26T04:26:30+00:00 STAI Diponegoro Tulungagung jurnalalibtida@gmail.com Open Journal Systems <p>Al Ibtida' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah&nbsp;diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah&nbsp;STAI Diponegoro Tulungagung</p> https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/6068 FUNGSI MEDIA DALAM PENDIDIKAN ISLAM 2025-02-26T04:26:30+00:00 Muhammad Arif Afandi arifmafandi20@gmail.com <p><strong>FUNGSI MEDIA DALAM PENDIDIKAN ISLAM</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>M Arif Afandi</strong></p> <p>arifmafandi20@gmail.com</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>Guru sebagai salah satu komponen dalam kegiatan pambelajaran memiliki posisi yang sangat menentukan keberhasilan belajar siswa, karena tugas utama guru ialah merancang, mengelola, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Interaksi guru dan murid merupakan bagian proses dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berhasil tidaknya mencapai tujuan pembelajaran ditentukan oleh guru, karena guru tidak hanya menyampaikan pelajaran, melainkan lebih dari itu guru harus mempertimbangkan fisik, psikis, sikap atau kecakapan lain. Guru dituntut harus bisa membuat suasana pembelajaran yang menggembirakan, sehingga membuat peserta didik belajar dengan baik. Mengingat pendidikan dan sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan. Di samping itu, kedudukan guru dalam kegiatan pembelajaran juga sangat strategis dan menentukan. Strategi guru yang akan menentukan kedalaman dan keluasan materi pelajaran, guru yang memilah dan memilih bahan, metode, dan media pembelajaran yang akan disajikan kepada peserta didik. Guru mempunyai peranan yang paling penting dalam proses pembelajaran sehingga guru mendapat predikat figur sentral.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Media Pembelajaran, Pendidikan Islam.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><em>Teachers as one of the components in learning activities have a position that greatly determines the success of student learning, because the main task of teachers is to design, manage, implement and evaluate learning. Teacher and student interaction is part of the process in achieving learning objectives. The success or failure of achieving learning objectives is determined by the teacher, because the teacher does not only convey lessons, but more than that the teacher must consider physical, psychological, attitudes or other skills. Teachers are required to be able to create an exciting learning atmosphere, so as to make students learn well. Given education and as the spearhead of educational success. In addition, the position of the teacher in learning activities is also very strategic and decisive. The teacher's strategy will determine the depth and breadth of the subject matter, the teacher who sorts and selects materials, methods, and learning media that will be presented to students. The teacher has the most important role in the learning process so that the teacher gets the title of central figure.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><em>Keywords: Learning Media, Islamic Education.</em></p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah