https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/issue/feed AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2024-06-30T10:19:43+00:00 STAI Diponegoro Tulungagung jurnalalibtida@gmail.com Open Journal Systems <p>Al Ibtida' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah&nbsp;diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah&nbsp;STAI Diponegoro Tulungagung</p> https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/5760 PERAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DALAM METODE DISKUSI DI SEKOLAH DASAR 2024-06-30T10:17:33+00:00 nina sultonurohmah ninaadila89@gmail.com <p>Menggambar merupakan salah satu kegiatan yang disenangi anak-anak. Dalam kegiatan menggambar, baik menggambar ekspresi, menggambar ilustrasi maupun menggambar dekorasi dituntun untuk penguasaan keterampilan. Kemampuan menggambar dapat dilatih dengan berbagai metode latihan. Dalam latihan menggambar tentu dibutuhkan beberapa objek dasar yang dapat dimulai dari benda-benda geometris. Pada objek tersebut terdapat elemen-elemen dalam menggambar seperti garis, bidang, warna, bentuk, tekstur, komposisi, proporsi, serta teknik arsir gelap dan terang. Alat-alat dalam menggambar terdiri dari beberapa alat utama dan alat bantu antara lain: pensil gambar, penghapus, rautan pensil atau pisau, papan gambar/sket, penggaris (variasi ukuran dan bentuk), kain background (situasioal), lampu (bila diperlukan) dan kertas. Melalui metode diskusi siswa saling bertukar fikiran, pembelajaran menggambar dapat menumbuhkan jiwa seni dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, yang memaparkan tentang peranan pembelajaran menggambar dalam metode diskusi di sekolah dasar, yang memiliki pemahaman dan kesadaran dalam meningkatkan jiwa seni. Peran menggambar dalam metode diskusi yang disampaikan guru dalam pembelajaran berperan penting dalam menumbuhkan jiwa seni pada anak-anak. Melalui menggambar anak-anak dapat mengekspresikan ide-ide mereka melalui sebuah coretan pada kertas maupun media gambar yang menjadi sebuah bentuk gambar yang bernilai seni.</p> 2024-06-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/5814 PENGGUNAAN MEDIA KERTAS ORIGAMI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 MIN PUCUNG NGANTRU 2024-06-28T11:19:04+00:00 Dyah Aris Susanti dyahsusanti3320@gmail.com <p>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media Kertas Origami dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 MIN Pucung Ngantru. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode yang diterapkan untuk mengumpulkan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Dalam perencanaan penerapan media origami untuk meningkatkan hasil belajar siswa, langkah-langkahnya mencakup penyusunan RPP. Proses penyusunan RPP mencakup pengkajian silabus, identifikasi materi pembelajaran, penetapan tujuan, pengembangan kegiatan pembelajaran, penjabaran jenis penilaian, serta penentuan alokasi waktu dan sumber belajar. 2). Pelaksanaan penerapan media origami dalam meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan dengan cara meningkatkan perhatian siswa. Guru memperkenalkan media origami dan memberikan contoh bentuk, seperti bangun datar, hewan, atau bunga. Setelah itu, siswa diminta untuk mengikuti dan membuat bentuk tersebut menggunakan media origami.</p> <p>Kata Kunci: Media, Kertas Origami, dan Hasil Belajar</p> 2024-06-28T11:19:03+00:00 Copyright (c) 2024 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/5816 TEKNIK SIMAK ULANG UCAP UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA SD/MI 2024-06-30T10:19:43+00:00 eva dewi purwitasari dewi purwitasari evadewi797@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan: &nbsp;teknik simak ulang ucap untuk keterampilan menyimak siswa SD/MI. Penelitian ini diperlukan karena siswa SD/MI dalam perkembangan bahasanya kemampuan ini menjadi dasar kemampuan berbahasa lainya sehingga pembelajaran menyimak harus diperhatikan oleh guru. Sumber data dalam penelitian ini mencakup beberapa jurnal dan karya ilmiah sesuai dengan judul penelitian &nbsp;Hasil penelitian berdasarkan hasil studi pustaka di atas, peneliti menemukan beberapa hal. Pertama, teknik simak ulang ucap memiliki dampak positif untuk meningkatkan hasil belajar pada keterampilan menulis. Kedua,teknik simak ulang ucap mendorong siswa untuk lebih aktif, antusias, dan berminat pada pembelajaran keterampilan menyimak. Ketiga, keberhasilan kegiatan menyimak dengan teknik simak ulang dan ucap dipengaruhi oleh banyak faktor. Jadi, berdasarkan hasil studi pustaka pada tiga jurnal, dapat ditarik simpulan keterampilan menyimak siswa SD/MI mengalami peningkatan dengan menggunakan teknik simak ulang ucap</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>teknik simak ulang ucap, keterampilan menyimak, siswa SD/MI.</p> 2024-06-30T07:46:10+00:00 Copyright (c) 2024 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah