https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/issue/feed AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2024-10-29T08:26:02+00:00 STAI Diponegoro Tulungagung jurnalalibtida@gmail.com Open Journal Systems <p>Al Ibtida' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah&nbsp;diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah&nbsp;STAI Diponegoro Tulungagung</p> https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/5812 KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS 2024-10-29T08:26:02+00:00 Adhis Ubaidillah adhisubaidillah@gmail.com <p>ABSTRAK</p> <p>Pentingnya kreativitas guru dalam pembelajaran bahasa Inggris semakin diakui sebagai faktor kunci dalam meningkatkan minat belajar siswa. Kreativitas guru tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif, tetapi mereka juga dapat menyesuaikan materi dengan berbagai gaya belajar siswa, membuat bahasa Inggris lebih mudah dipahami dan diapresiasi oleh semua siswa. Guru dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan meningkatkan minat mereka dalam pelajaran dengan menggunakan metode pengajaran baru, media interaktif, dan permainan edukatif. Sejauh mana kreativitas guru dapat mempengaruhi keinginan siswa untuk belajar bahasa Inggris di sekolah dasar adalah tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mengumpulkan data wawancara secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang menggunakan strategi pembelajaran kreatif berhasil.</p> <p><strong>Kata Kunci, Kreativitas Guru, Minat, Bahasa Inggris. </strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p>The importance of teacher creativity in English learning is increasingly recognized as a key factor in increasing students' interest in learning. Teachers' creativity not only makes learning more interesting and interactive, but they can also adapt the material to various students' learning styles, making English easier for all students to understand and appreciate. Teachers can improve students' engagement and increase their interest in lessons by using new teaching methods, interactive media and educational games. The extent to which teachers' creativity can influence students' desire to learn English in primary school is the purpose of this study. This study used a qualitative approach and collected thorough interview data. The results show that teachers who use creative learning strategies are successful.</p> <p>Keywords, Teacher Creativity, Interest, English.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/5816 PERAN GURU DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA 2024-10-29T08:24:06+00:00 Muhammad Arif Afandi arifmafandi20@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>Tuntutan zaman di era globalisasi yang semakin maju seperti sekarang ini, banyak memberikan pengaruh yang positif maupun yang negatif bagi masyarakat. Perkembangan tersebut mempengaruhi prilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari , akhir-akhir &nbsp;ini terdapat gejala &nbsp;kemerosotan &nbsp;moral &nbsp;pada&nbsp; sebagian &nbsp;anggota &nbsp;masyarakat. &nbsp;Gejala tersebut ditandai dengan kenakalan anak-anak, meningkatnya jumlah kriminalitas, dan sebagai akibat dari kemajuan teknologi, anak-anak dapat mengakses apa saja yang ingin mereka lihat tanpa mengetahui akibat yang ditimbulkan.</p> <p>Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana&nbsp; &nbsp;peran guru sebagai motivator dalam membina akhlak siswa, bagaimana&nbsp; &nbsp;peran guru sebagai evaluator dalam membina akhlak siswa, bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam membina akhlak siswa.</p> <p>Dari hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa 1. Peran guru sebagai motifator dalam membina akhlak siswa melalui membiasakan kedisiplinan, Memberikan motivasi. 2. Peran&nbsp; guru sebagai evaluator dalam membina akhlak siswa melalui Memberikan bimbingan secara personal kepada siswa-siswi, Membiasakan berkata sopan dan santun. 3. Peran guru sebagai fasilitator dalam membina siswa melalui Membiasakan sholat dengan berjamaah, Menerapkan kantin kejujuran.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Peran, Guru, Akhlaq Siswa</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah