ANALISIS PERILAKU PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DALAM ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Pasar Tradisional Ngentrong Kec. Campurdarat Kab. Tulungagung)

  • Komari M.Sy STAI Diponegoro
Keywords: Perilaku, Pedagang dan Etika Bisnis Islam

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perilaku pedagang di Pasar Tradisional Ngentrong Tulungagung dalam etika bisnis Islam. Penelitian ini penting, karena berguna untuk menunjukkan kejujuran, ketelitian, serta keramahan dalam perdagangan. Selain itu dengan adanya perilaku tersebut dapat membuat para konsumen dan para pedagang menjadi nyaman dalam bertransaksi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perilaku pedagang menurut etika bisnis Islam di pasar tradisional Ngentrong Tulungagung?. Penelitian yang menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan lokasi penelitian yang dipilih adalah Pasar Tradisional Ngentrong Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara kualitatif dengan prosedur yaitu melalui proses pengumpulan data, sumber data, analisis data, dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dari delapan unsur perilaku pedagang Pasar Tradisional Ngentrong, yang diantaranya ialah takaran, kualitas produk, keramahan, penepatan janji, pelayanan, empati, persaingan dan pencatatan transaksi ada beberapa pedagang yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam. Namun disisi lain juga terdapat perilaku pedagang yang sesuai dengan etika bisnis Islam.

Published
2020-09-25