IDENTIFIKASI PEMAHAMAN MAHASISWA PRODI EKONOMI SYARI'AH TENTANG AKAD WADI'AH YAD AMANAH

  • Arif Nuraini STAI Diponegoro Tulungagung
Keywords: Antonio, M. S. (2001). Bank syariah: Dari teori ke praktik. Jakarta: Gema Insani. Az-Zuhaili, W. (1997). Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu (Vol. 5). Damaskus: Dar al-Fikr. Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. New York: Longmans, Green. Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia. (2000). Fatwa DSN-MUI No. 01/DSN-MUI/IV/2000 tentang Giro berdasarkan prinsip Wadi’ah. Jakarta: DSN-MUI. Retrieved from https://www.dsnmui.or.id Fitriani, N. (2020). Analisis pemahaman mahasiswa tentang akad Wadi’ah pada produk tabungan bank syariah (Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya). Karim, A. A. (2014). Bank Islam: Analisis fiqih dan keuangan. Jakarta: Rajawali Pers. Marzano, R. J., Pickering, D. J., & Pollock, J. E. (2001). Classroom instruction that works: Research-based strategies for increasing student achievement. Alexandria, VA: ASCD. Moleong, L. J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya. Nasution, A. (2019). Pemahaman mahasiswa terhadap akad Wadi’ah dalam praktik perbankan syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 45–56. https://doi.org/xx.xxx/jiei.v6i1.xxx Qur’an. (n.d.). Al-Baqarah: 283; An-Nisa’: 58. Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2018). Revisi Taksonomi Bloom untuk Tujuan Pendidikan. Jakarta: PT Indeks. Azizah, R., & Syarifuddin, F. (2022). Analisis Efektivitas Pembelajaran Fikih Muamalah dalam Meningkatkan Literasi Akad Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Syariah Nusantara, 6(2), 121–130 Hasan, F., & Rahmawati, A. (2019). Tinjauan Akad Wadi’ah dalam Produk Keuangan Syariah: Studi Literatur Kontemporer. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 5(1), 33–42 Ramadhani, M., & Nurhayati, D. (2020). Evaluasi Pemahaman Mahasiswa terhadap Akad Wadi’ah di Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 8(1), 55–64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pemahaman mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah STAI Diponegoro Tulungagung terhadap akad Wadi’ah Yad Amanah. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada adanya kesenjangan antara teori yang diajarkan dalam pembelajaran fiqh muamalah dan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan serta mengkritisi praktik akad secara kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara semi terstruktur kepada mahasiswa sebagai subjek utama, dan triangulasi sumber dilakukan dengan melibatkan dosen pengampu. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa berada pada kategori sedang. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan struktur akad secara umum, namun masih kesulitan dalam mengaitkan dalil syar’i secara tepat dan melakukan analisis kritis terhadap praktik akad di lapangan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan aspek praktik dan analisis hukum dalam pembelajaran ekonomi syariah.

Published
2025-03-27