PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI BASIC EDUCATION ANAK USIA DINI
Abstract
Terjadinya degradasi moral di seluruh aspek kehidupan saat ini tidak terlepas dari pendidikan agama yang kurang tepat, kurangnya kesadaran kritis orang tua maupun pendidik akan pentingnya pendidikan nilai nilai agama islam sejak dini, dan orientasi hasil belajar yang hanya terfokus pada nilai angka. Modernisasi dan liberalisasi yang tak dapat lagi dibendung, serta pemahaman demokratisasi yang berlebihan menimbulkan perilaku yang sering bertentangan dengan nilai-nilai agama dan moral. Sebagai indikasinya adalah; kurangnya rasa hormat terhadap orang tua, tidak mau menghargai orang lain, cenderung bersifat individualistis, arogansi, cara berbicara yang kurang sopan atau perilaku lain yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama. Fenomena empiriknya adalah merebaknya kenakalan remaja, tawuran pelajar, arogansi, premanisme, whitecollar crime, dan kriminalitas yang semakin meningkat. Pendidikan agama islam sejatinya didedikasikan untuk kehidupan manusia yang lebih berharkat dan bermartabat. Pendidikan agama islam memegang peranan penting sebagai basic education yang notabene mutlak di tanamkan sejak dini. Penekanan hasil belajar tidak hanya fokus pada aspek kognitif melainkan pembelajaran yang berorientasi pada pendidikan nilai (afektif) dan psikomotorik.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Basic Education AUD