PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA TUNADAKSA MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS DI SLB DHARMA WANITA KELAS VI)
Abstract
Pembelajaran keterampilan menulis pada siswa tunadaksa masa pandemi covid 19 berjalan dengan lancar sesuai tujuan pembelajaan. Tujuan penelitian ini yaitu; untuk mengetahui jenis ketunaan siswa kelas VI SLB Dharma Wanita Jiwan, Madiun, mengetahui ciri fisik siswa tunadaksa kelas VI di SLB Dharma wanita Jiwan, Madiun, mengetahui pengaruh kekurangan fisik siswa siswa tunadaksa kelas VI di SLB Dharma wanita Jiwan, Madiun terhadap kecerdasan otak, mengetahui pembelajaran menulis yang diberikan guru kepada siswa tunadaksa di SLB Dharma Wanita, Jiwan, Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian survei. Jenis ketunaan siswa kelas VI di SLB Dharma Wanita Jiwan, Madiun adalah tuna daksa atau cacat fisik. Cacat fisik yang dialami siswa kelas VI di SLB Dharma Wanita Jiwan, Madiun yaitu; satu siswa tidak bisa berjalan sehingga dalam beraktifitas dia merangkak atau memakai kursi roda, sedangkan anak satunya dia memiliki kelainan fisik seperti penyakit polio. Jenis cacat fisik kedua anak tersebut memang berbeda, tetapi intinya dari dua siswa tersebut sama-sama tidak bisa berjalan, karena kaki yang tidak berfungsi secara sempurna. Hal tersebut juga mempengaruhi kecerdasan otak siswa. Kekurangan fisik siswa tunadaksa tersebut mempengaruhi kegiatan pembealajaran dan aktivitas atau kegiatan lain misalnya bermain. Pembelajaran menulis yang diberikan guru kepada siswa tunadaksa yaitu menebali huruf, menyalin kalimat atau menjawab pertanyaan sesuai dengan materi. Kegiatan tersebut saat pandemi covid 19 ini dilakukan secara luring dengan cara siswa mengambil soal di sekolah kemudian dibawa pulang dan setelah itu dikumpulkan lagi di sekolah.