ANALISIS ORIENTASI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
Abstract
Materi Pendidikan agama Islam merupakan materi yang wajib diberikan kepada siswa pada
semua jenjang. Namun ironisnya, materi pendidikan agama Islam ini masih dianggap
sebelah mata dan cenderung dianggap sebelah mata oleh dunia Pendidikan umumnya. Hal
ini dibuktikan dengan materi pendidikan agama Islam ini belum mejadi salah satu materi di
antara materi lain yang menjadi penilaian utama kompetensi siswa ketika kenaikan atau
kelulusan pada jenjang tertentu. Padahal jika kita mau jujur dengan kondisi generasi bangsa
yang walau secara kognitif bisa dibilang baik, namun sudah menjadi fenomena dan realitas
social bahwa generasi bangsa ini miskin karakter. Materi pendidikan agama Islam yang
memiliki orientasi pembangunan karakter siswa dengan menggunakan nilai-nilai agama
sebagai referensi utama harusnya dipertimbangkan untuk menjadi bahan utama standar
karakter seluruh siswa saat mereka akan naik kelas atau lulus dari jenjang pendidikan
tertentu. Sejauh ini aspek kognitif siswa seakan dianggap sebagai hal yang tidak penting
untuk secara ringan dan cenderung diremehkan cukup diisi seadanya saja tanpa melihat
kondisi objektif siswa dan melihat agama sebagai parameternya. Lebih jauh lagi, materi
Pendidikan agama Islam sebenarnya juga mengcover aspek perkembangan siswa
sebagaimana mata Pelajaran lainnya. Semisal materi fikih ibadah yang memiliki orientasi
dalam mengembangkan aspek kognitif dan psikomotorik. Kemudian materi akhlak yang tentu
saja untuk perkembangan afektif.