PENERAPAN TEORI MIND MAPPING DALAM KURIKULUM MERDEKA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS
Abstract
Abstrak : Tujuan dari penulisan artikel ini untuk melihat bagaimana penerapan kurikulum merdeka belajar di madrasah. Kurikulum Merdeka belajar merupakan suatu bentuk kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kurikulum Merdeka ini menuntut guru untuk tidak hanya sekedar memanfaatkan teknologi secara monoton tetapi juga bagaimana menerapkan model pembelajaran yang menarik agar siswa tidak menganggap bahwa belajar hanya sekedar mendengarkan penjelasan dari guru saja. Adapun salah satu model pembelajaran yang inovatif dan cocok untuk diterapkan saat pembelajaran Al-Qur’an Hadist adalah model pembelajaran Mind Mapping. Di sini kreativitas siswa dituntut untuk menuangkan beragam ide yang nantinya akan berbentuk brainstorming sehingga beberapa kata kunci dari pembelajaran akan melekat pada pikiran dan ingatan siswa. Dan, terbukti hasilnya memang benar bahwa siswa cenderung menjadi lebih ingat dan paham tentang konsep dan ruang lingkup dari materi pembelajaran yang dibahas.
Kata Kunci : Kurikulum Merdeka,Mind Mapping, Hasil belajar