PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN HUJAN WARNA

  • Susdarwati STAINU Madiun
Keywords: Kemampuan Sains, Metode Eksperimen.

Abstract

Tujuan penelitian ini antara lain : 1) untuk mengetahui bagaimana pengembangan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen hujan warna; 2) untuk mengetahui kendala pengembangan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen hujan warna. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru Kelompok B dan anak Kelompok B TKIT Harapan Ummat Ngawi sejumlah 20 anak yang terdiri dari laki-laki sejumlah 9 anak dan perempuan sejumlah 11 anak. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan:: 1) pengembangan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen hujan warna kelompok B TKIT Harapan Ummat Ngawi antara lain : a) tahap mengamati, anak mampu mengamati demonstrasi hujan warna yang dilakukan guru dengan sangat baik prosentase 95%; b) tahap menanya, anak aktif menanya terhadap yang diamati dengan baik prosentase 75%; c) tahap mencoba, anak antusias melakukan eksperimen hujan warna  dengan sangat baik prosentase 95%; d) tahap mengkomunikasikan, anak dengan berani mengkomunikasikan hasil eksperimen dengan sangat baik prosentase 90%. 2) kendala pengembangan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen hujan warna antara lain: 1) Terdapat media (pewarna makanan) yang kurang mendukung berjalannya eksperimen sains; dan 2) Anak belum mandiri dan masih membutuhkan bantuan guru dalam melakukan eksperimen prosentase 60%.

Published
2024-06-30
Section
Articles