Taḥlīl al-Mawād al-Dirāsiyyah fī Kitāb al-Lughah al-‘Arabiyyah li-Ṭullāb al-Madrasah al-‘Āliyyah ‘alā Asās al-Manhaj al-Dirāsī 2013

  • Nur Fitriani STAI Nahdlatul Ulama' Madiun
Keywords: Keterampilan Menyimak, Keterampilan Berbicara, Kurikulum 2013, Materi ajar

Abstract

Penelitian ini berfokus pada materi pembelajaran bahasa Arab dari aspek Maharotul Istima’ dan Maharotul Kalam. Dua keterampilan tersebut merupakan dasar dalam pengajaran bahasa apapun. Karena bahasa adalah apa yang didengar dan diucapkan.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesesuaian materi Maharotul Istima’ dan Maharotul Kalam pada buku pembelajaran Bahasa Arab yang berbasis Kurikulum 2013 di kelas X SMA dengan teori yang telah ada. Peneliti menggunakan metode Library Research dalam pendekatan penelitian kualitatif dan peneliti menggunakan metode Conten Analysis dalam metode analisis data. Diantara hasil penelitiannya: Aspek keterampilan menyimak (Maharotul Istima’) pada materi di buku pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa SMA kelas X berdasarkan kurikulum 2013 sudah sesuai dengan teori kecuali pada unsur keempat. Aspek keterampilan berbicara (Maharotul Kalam) pada materi di buku pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa SMA kelas X berdasarkan kurikulum 2013 sudah sesuai dengan teori kecuali pada unsur kedua,unsur keempat, dan unsur kelima. Oleh karena itu, penulis harus mengadaptasi dan melengkapi isi materi menyimak dan berbicara yang tidak sesuai dengan teori yang telah ditetapkan agar buku pendidikan ini menjadi baik.

Published
2024-10-10
Section
Articles