Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan pada Siswa Kelas I MI Al Hikam Kecamatan Geger Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2024/2025

  • Heri Prianto STAI Nahdlatul Ulama' Madiun
Keywords: Faktor penyebab kesulitan belajar, kesulitan belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika pokok bahasan penjumlahan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Al Hikam  tahun  pelajaran  2024/2025.  Pendekatan  penelitian  yang  diterapkan adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Peneliti  menganalisis  data  menggunakan analisis data kualitatif melalui data reduksi, data display, dan verifikasi. Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa   faktor   internal   yang  menjadi penyebab kesulitan belajar Matematika adalah: (1) siswa belum menguasai prosedur penjumlahan bilangan dengan cara menyimpan bilangan; (2) siswa kesulitan menempatkan bilangan pada penjumlahan bersusun; (3) siswa mempunyai miskonsepsi pada operasi yang melibatkan bilangan nol; dan (4) siswa mengalami kesulitan dalam memahami   cerita.   Faktor   eksternal   yang   menjadi   penyebab   kesulitan   belajar Matematika adalah: (1) guru menerapkan metode pembelajaran yang kurang variatif; (2) guru kurang variatif dalam memberikan soal; dan (3) guru kurang mengkaitkan materi pembelajaran dengan konteks riil.

Published
2024-08-09
Section
Articles