Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan pada Siswa Kelas I MI Al Hikam Kecamatan Geger Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika pokok bahasan penjumlahan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Al Hikam tahun pelajaran 2024/2025. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data menggunakan analisis data kualitatif melalui data reduksi, data display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang menjadi penyebab kesulitan belajar Matematika adalah: (1) siswa belum menguasai prosedur penjumlahan bilangan dengan cara menyimpan bilangan; (2) siswa kesulitan menempatkan bilangan pada penjumlahan bersusun; (3) siswa mempunyai miskonsepsi pada operasi yang melibatkan bilangan nol; dan (4) siswa mengalami kesulitan dalam memahami cerita. Faktor eksternal yang menjadi penyebab kesulitan belajar Matematika adalah: (1) guru menerapkan metode pembelajaran yang kurang variatif; (2) guru kurang variatif dalam memberikan soal; dan (3) guru kurang mengkaitkan materi pembelajaran dengan konteks riil.