Ta‘līm ‘Ilm al-Ṣarf ladā Ṭalabah Qism Ta‘līm al-Lughah al-‘Arabiyyah bi-Jāmi‘ah Nahḍat al-‘Ulamā’ al-Islāmiyyah (Dirāsah Waṣfiyyah Taḥlīliyyah)

  • Miftahul Huda STAI Nahdlatul Ulama' Madiun
Keywords: pembelajaran, shorof

Abstract

Ilmu sharaf merupakan salah satu cabang linguistik Arab yang kompleks dan sering kali menimbulkan kesulitan bagi para pembelajarnya, khususnya penutur non-Arab. Meskipun fenomena morfologis dalam bahasa Arab menjadi ciri khas yang unik, namun hal tersebut juga dapat menjadi sumber kesulitan dalam memahami berbagai bab dan topik ilmu sharaf. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkap materi pembelajaran sharaf di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Nahdlatul Ulama Islamiyah Madiun; dan (2) mengungkap proses pembelajaran sharaf, termasuk metode, media, dan evaluasi yang diterapkan di program studi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, kemudian dianalisis secara induktif dan deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Materi sharaf diambil dari buku-buku standar yang telah ditetapkan dalam kurikulum, dan dirancang dengan pendekatan normatif-tradisional; (2) Proses pembelajaran sharaf dilakukan dengan metode tradisional (thariqah qiyasiyah), di mana semua aktivitas pembelajaran mengikuti pola metode tersebut. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pengembangan pendekatan yang lebih komunikatif dan kontekstual agar pembelajaran ilmu sharaf lebih efektif bagi mahasiswa non-Arab.

Published
2025-01-23
Section
Articles