Digitalisasi Pendidikan Islam di Perguruan Tinggi: Analisis Literatur Tentang Efektifitas Pembelajaran Daring

  • Ali Masykur Universitas Islam Negeri Kiyai Ageng Muhammad Besari Ponorogo
Keywords: Digitalisasi pendidikan Islam, Pembelajaran Daring, Efektivitas, Nilai Keislaman, Perguruan Tinggi Islam

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong percepatan digitalisasi dalam pendidikan tinggi Islam, terutama dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran daring di perguruan tinggi Islam melalui pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka. Data dikumpulkan dari berbagai literatur ilmiah yang relevan dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir dan dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil kajian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran daring tidak hanya bergantung pada aspek teknologi, tetapi juga kesiapan sumber daya manusia, integrasi nilai-nilai keislaman dalam kurikulum, serta interaksi yang bermakna antara dosen dan mahasiswa. Strategi seperti peningkatan literasi digital, blended learning, mentoring spiritual daring, serta kurikulum adaptif bernilai Islam merupakan pendekatan yang direkomendasikan. Penelitian ini menekankan pentingnya transformasi digital yang tidak menghilangkan ruh pendidikan Islam dan tetap menjunjung maqashid syariah dalam proses pembelajarannya.

Published
2025-05-20
Section
Articles