https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/elwahdah/issue/feed EL WAHDAH 2024-07-01T03:43:57+00:00 Nur Fadly Hermawan wawansj96@gmail.com Open Journal Systems <p>EL WAHDAH</p> https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/elwahdah/article/view/5764 Penggunaan media kitab taqrīb dalam meningkatkan kemampuan analisis nahwu dan ṣaraf bahasa arab santri : sebuah inisiatif pengabdian masyarakat 2024-06-11T07:12:22+00:00 Kuswoyo koesahmad@gmail.com <p><strong><em>Abstrak</em></strong> : <em>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak implementasi media Kitab Taqrīb sebagai alat pembelajaran analisis Nahwu dan ṣaraf bagi santri di </em><em>Mahad</em><em> Ulil Abshar Ponorogo. Melalui pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dan melibatkan 15 santri sebagai subjek penelitian, proses pembelajaran dilakukan dalam beberapa siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test, observasi, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kitab Taqrīb secara signifikan meningkatkan kemampuan analisis Nahwu dan ṣaraf santri. Peningkatan ini tidak hanya tercermin dari hasil tes, tetapi juga dari motivasi dan keterlibatan aktif santri dalam proses pembelajaran. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya penerapan Kitab Taqrīb sebagai media efektif dalam meningkatkan kompetensi bahasa Arab santri di Ulil Abshar. Rekomendasi untuk pengajaran berikutnya meliputi pelatihan tambahan bagi pengajar dalam penggunaan kitab ini serta pengembangan materi pendukung yang lebih kontekstual, yang akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat pesantren secara keseluruhan.</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong>: Kitab <em>Taqrīb</em>, <em>Nahwu</em>, <em>ṣaraf</em>, pembelajaran bahasa Arab.</p> 2024-06-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 EL WAHDAH https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/elwahdah/article/view/5807 KRITIK HADITS TENTANG ANJURAN MENUNTUT ILMU 2024-06-24T14:08:56+00:00 Nur Fadly Hermawan wawansj96@gmail.com <p><em>Tujuan penulisan ini adalah membahas hadis tentang kewajiban menuntut ilmu. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif melalui studi pustaka dan analisis isi. Hasil dan pembahasan penelitian ini meliputi pandangan umum tentang kewajiban menuntut ilmu, hadis tentang kewajiban menuntut ilmu, dan bagaimana etika menuntut ilmu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hadis tentang kewajiban menuntut ilmu menjelaskan bahwa menuntut ilmu adalah salah satu bagian terpenting bagi kehidupan manusia, tanpa adanya ilmu manusia tidak akan bisa berkembang. Menuntut ilmu juga dianggap sebagai titik tolak dalam menumbuhkan kesadaran dalam bersikap. Menuntut ilmu itu wajib hukumnya bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan. Ketika Allah telah menurunkan perintah yang mewajibkan atas suatu hal, maka kita harus menaatinya.</em></p> <p>Kata Kunci: Menuntut Ilmu, Kritik Hadist</p> 2024-06-24T14:07:18+00:00 Copyright (c) 2024 EL WAHDAH https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/elwahdah/article/view/5813 PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN HUJAN WARNA 2024-06-30T04:26:49+00:00 Susdarwati susdarwati89sains@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini antara lain : 1) untuk mengetahui bagaimana pengembangan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen hujan warna; 2) untuk mengetahui kendala pengembangan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen hujan warna. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru Kelompok B dan anak Kelompok B TKIT Harapan Ummat Ngawi sejumlah 20 anak yang terdiri dari laki-laki sejumlah 9 anak dan perempuan sejumlah 11 anak. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan:: 1) pengembangan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen hujan warna kelompok B TKIT Harapan Ummat Ngawi antara lain : a) tahap mengamati, anak mampu mengamati demonstrasi hujan warna yang dilakukan guru dengan sangat baik prosentase 95%; b) tahap menanya, anak aktif menanya terhadap yang diamati dengan baik prosentase 75%; c) tahap mencoba, anak antusias melakukan eksperimen hujan warna&nbsp; dengan sangat baik prosentase 95%; d) tahap mengkomunikasikan, anak dengan berani mengkomunikasikan hasil eksperimen dengan sangat baik prosentase 90%. 2) kendala pengembangan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen hujan warna antara lain: 1) Terdapat media (pewarna makanan) yang kurang mendukung berjalannya eksperimen sains; dan 2) Anak belum mandiri dan masih membutuhkan bantuan guru dalam melakukan eksperimen prosentase 60%.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 EL WAHDAH https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/elwahdah/article/view/5810 ANALISIS TINDAK TUTUR/SPEECH ACT PADA KALAM AMR/ KALIMAT IMPERATIF DALAM AL-QUR’AN 2024-06-30T07:04:47+00:00 Wildan Nafii nafiwildan@gmail.com <p>Tulisan ini bertujuan untuk memetakan makna kata perintah pada ayat-ayat al-Quran dengan memadukan antara ilmu balaghah Ma’aniy dan ilmu bahasa pragmatic<em>.</em> Dalam ilmu ma’aniy, kalam amr bermakna perintah. Namun pada penerapannya kata perintah tidak selalu bermakna perintah. Kalam amr dalam al-Qur’an memiliki beberapa macam bentuk, dan secara semantic memiliki makna yang berbeda-beda. Hasil analisis tindak tutur menunjukkan bahwa kalam amr dalam ayat al-Qur’an selain brmakna perintah, juga memiliki makna doa, petunjuk, berandai, memberi pilihan, memukul rata (sama), melemahkan, mengejek, mengultimatum (tawaran yang pahit), membolehkan, merendahkan/menyepelekan, menakut-nakuti, memuliakan, menyangkal, memberi kabar yang mengherankan. Berkaitan dengan kalam amr atau imperative ini ada nuansa tindak tutur yang terbagi menjadi tiga yaitu lokusi atau perwujudan formal dari ungkapan, lalu ilokusi yaitu tindakan lain yang ada bersamaan dengan disampaikannya ungkapan itu, lalu perlokusi yaitu apa yang dihasilkan dari tuturan itu kepada pihak lawan tutur.</p> 2024-06-30T04:36:43+00:00 Copyright (c) 2024 EL WAHDAH https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/elwahdah/article/view/5828 PENERAPAN METODE KARYAWISATA DI KELOMPOK RA AL-BASYARIYAH MEJAYAN 2024-07-01T03:43:57+00:00 Ummu Habibah ummuhabieba@gmail.com Eem Sulaemah Mathar ummuhabieba@gmail.com Ellisa Retno Rahmawati ummuhabieba@gmail.com Sri Shilia PribadiPutri ummuhabieba@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode karyawisata dan permasalahannya dalam mengembangkan kemampuan motoric anak di RA Al Basyariyah Bangunsari Madiun. Metode karyawisata merupakan suatu cara penyajian materi pembelajaran dengan mendekatkan siswa secara langsung pada objek yang dipelajari, dan objek tersebut berada di luar kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan tahapan reduksi kemudian validasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode karyawisata memilki pengaruh dalam perkembangan kemampuan motorik anak. Metode karyawisata dilakukan terjadwal dan sesuai prosedur sesuai tema yang sedang dipelajari di sekolah</p> 2024-06-30T06:59:34+00:00 Copyright (c) 2024 EL WAHDAH

https://createssh.org/
https://dekadepos.com/
https://www.jrtunnel.com/
https://www.vstunnel.com/
https://clashtunnel.com/
https://createssh.net/
https://trendwatch.id/
https://reportradar.id/
https://presspost.id/
https://jajar.id/
https://globaltrend.id/
https://globalinsight.id/
https://dailynewsupdate.id/
https://breakingpoint.id/
https://bisnismaju.id/
https://artikelonline.id/
https://dpmptsp.sragenkab.go.id/mpptools/skm/uploads/
https://data-bappeda.sragenkab.go.id/assets/xqris/
https://stabat.langkatkab.go.id/wp-content/uploads/thailand/