Teacher Professionalism and Educational Challenges of The Industrial Revolution 5.0

  • Moh. Toriqul Chaer STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi, Jawa Timur
  • Azizunisak Hidayati Wahyuna STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi, Jawa Timur
  • Susi Fitriana STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi, Jawa Timur
Keywords: Profesional, Guru, Pendidikan, Tantangan Pendidikan, Revolusi Industri 5.0

Abstract

Sikap profesional seorang guru yang dibutuhkan dalam
menghadapi pendidikan di era global ini. Tugas guru tidak hanya untuk
mengajar tetapi juga untuk mendidik, memelihara, membimbing dan
membentuk kepribadian siswa untuk mempersiapkan dan mengembangkan
sumber daya manusia. Kesalahan seorang guru dalam memahami profesinya
akan berakibat pergeseran fungsi guru secara bertahap. Sehingga akan
menghasilkan hubungan antara guru dan siswa yang pada awalnya
membutuhkan satu sama lain akan berubah menjadi hubungan yang tidak
acuh, tidak bahagia dan membosankan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akadum. 1999. http://www.SuaraPembaharuan.com/News/1991/01/220199/Oped

Akadum. 1999. Potret Guru Memasuki Milenium Ketiga. Suara Pembaharuan. (Online) (http://www.suara pembaharuan.com/News/1999 /01/220199 /OpEd, diakses 7 Juni 2001)

Arnold S.R., Michael J. Padilla & Bupphachart Tunhikorn. 2008. The Development Of Teacher’s Professional Knowledge From A Course To Student Teaching Practicum: A Case Study Of A Thai Pre-Service Science Teacher Conference of Asian Science Education: CASE 2008 February 20-23. Kaohsiung, Taiwan

Azwar, S. 2000. Sikap Manusia, Teori dan Pengukuranya. Jogjakarta: Pustaka Pelajar Jogja Offset

Berkowitz, Marvin W dan Mary Anne Hoppe. 2009. Character Education and Gifted Children. Journal of High Ability Studies, vol.20 no. 2, December 2009

Avalos, Beatrice. “Teacher Professional Development in Teaching and Teacher Education over Ten Years.†Teaching and Teacher Education 27, no. 1 (January 2011): 10–20. https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.08.007.

Chaer, Moh Toriqul, and Fitriah M Suud. “Pendidikan Anak Perspektif Hamka (Kajian Q.S. Luqman/31: 12 -19 Dalam Tafsir Al-Azhar)†02 (2020): 15.

Chaer, Moh. Toriqul, Alef Theria Wasim, and Akif Khilmiyah. “Children’s Education in The Story of Single Mothers in Qur’ȃn.†International Journal of Education and Learning 1, no. 2 (December 5, 2019): 63–72. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i2.36.

Depdikbud. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Buku Satu, Jakarta: Balai Pustaka Utama.

Deal, Debby Deal, C. Stephen White. 2006. Voice From The Classroom: Literacy Beliefs an Practices of Two Noice Elementary Teacher. Journal of Research in Childhood Education vol. 20, no. 4, pp. 313-329

Djojonegoro, R. 1995. 50 Tahun Pembangunan Pendidikan Nasional 1945 – 1995 Suatu Analisis Kebijakan. Jakarta : Grasindo

Kokom Komalasari. 2012. The Living Values-Based Contextual Learning to Develop the Students' Character. Journal of Social Sciences 8 (2) pp 246-251

Langgulung, Hasan. 1990. Pendidikan dan Peradaban: Suatu Analisa Sosio- Psikologi. Jakarta: Pustaka Setia Al- Husnah

Liao, Yongxin, Eduardo Rocha Loures, Fernando Deschamps, Guilherme Brezinski, and André Venâncio. “The impact of the fourth industrial revolution: a cross-country/region comparison.†Production 28, no. 0 (January 15, 2018). https://doi.org/10.1590/0103-6513.20180061.

Muhammad, Surya. 1998. Dasar-dasar Konseling Pendidikan (Teori dan Konsep). Yogyakarta: Kota Kembang.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Naisbit, John. 1995. Global Paradox . New York, Avon Books

Nasanius, Y. 1998. Kemerosotan Pendidikan Kita: Guru dan Siswa Yang Berperan Besar, Bukan Kurikulum . Suara Pembaharuan. (Online), http://www.suarapembaruan.com/News/081998/08Opini

Nawawi, H. 1985. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: Gunung Agung

Semiawan, Conny dkk. 1990. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta : Gramedia, 1990.

Siswoyo, Dwi. 2008. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press

Shinta, Meilan Nirmala. “Study Of Professional Development And Career English Teacher.†Al-Lisan 3, no. 2 (August 30, 2018): 36–45. https://doi.org/10.30603/al.v3i2.450.

Tanang, Hasan, and Baharin Abu. “Teacher Professionalism and Professional Development Practices in South Sulawesi, Indonesia.†Journal of Curriculum and Teaching 3, no. 2 (July 7, 2014): p25. https://doi.org/10.5430/jct.v3n2p25.

Published
2020-06-16
Section
Articles