MODEL PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PENDEKATAN HUMANISME RELIGIUS (Studi Kasus di MTs Attanwir Talun Sumberrejo, Bojonegoro)

  • Hamam Burhanuddin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
Keywords: Model, Pendidikan Islam, Humanisme, Keberagamaan

Abstract

Education is a conscious and deliberate effort between educators (teachers) with the learners in order to achieve a goal, one of the ideal goal of education is the education that liberates and no curb. Expected model of Islamic education with religious humanism approach this teaching process is not bound by space and time, in the sense of teaching can occur anywhere during the learners have a strong interest in understanding and developing the subject matter. How learning model that is able to synergize the interest and motivation that is the duty of the teacher to the learner in the learning process, in the classroom and outside the classroom. The model is a mix of religious humanist approach humanist education paradigms and paradigm of religious education which is integrated into a coherent whole. Humanist education that emphasizes individual liberty aspects are integrated with religious education in order to build individual and social life which have independence, leaving no religious values followed by community

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Paradigma Humanisme Teosentris, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005).
Al-Nahlawi, Abdurrahman, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga di Sekolah dan di Masyarakat, (Bandung: Diponegoro, 1992).
Al-Nawawi, Riyadu al-Shalihin, Terj. Achmad Sunarto, (Jakarta: Pustaka Amani, 1999).
Amir Faisal, Jusuf, Reorientasi Pendidikan Islam, (Jakarta: Gema Insani Press, 1995).
A.Mangunharjana, Isme-isme dalam Etika dari A sampai Z, (Yogyakarta: Kanisius, 2003).
AR, Muhammad, Pendidikan di Alaf Baru: Rekonstruksi atas Moralitas Pendidikan, (Yogyakarta:Prismashopie, 2003)
Arifin, M, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2000).
,Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, (Jakarta: Bumi Aksara, 1994).
Arikunto, Suharsini, Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, (Rineka Cipta, Jakarta).
Ashraf, Ali, Horison Baru Pendidikan Islam, (Jakarta: Firdaus, 1989).
Azwar, Saifudin, Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001).
Barnadib, Imam, Filsafat Pendidikan; Sistem dan Metode, (Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP (Yogyakarta, 1994)
Marimba, Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: al-Ma’arif, 1980).
Dawam, Ainurrofiq, Emoh Sekolah; Menolak Komersialisasi Pendidikan dan Kanibalisme Intelektual Menuju Pendidikan Multikultural, (Yogyakarta: INSPEAL Ahimsa Karya Press, 2003).
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an Depag RI, 1983.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2003).
Djohar, Pendidikan Strategik, Alternatif untuk Pendidikan Masa Depan, (Yogyakarta: LESFI, 2003).
Escobar, Miguel, dkk, Dialog Bareng Paulo Freire Sekolah Kapitalisem Yang licik, (Yogyakarta: LkiS, 2001)
F. O’neil, William, Ideologi-Ideologi Pendidikan Judul asli Educational Ideologies: Contemporary Expressions of Educational Philosophies, terj. Omi Intan Naomi, Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2001).
Faisal Bakti, Andi, Communication and Family Planning in Islam in Indonesia: South Sulawesi Muslim Perception of a Global Development Program, (Jakarta: INIS Leiden, 2004).
Freire, Paulo, dkk, Menggugat Pendidikan; Fundamentalis, Konservatif, Liberal, Anarkis, terj. Omi Intan Naomi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004).
Pendidikan Kaum Tertindas, LP3ES, (Jakarta, 1987).
Globe., Frank., G. Madzhab Ketiga Psikologi Humanistik, Abraham Maslow, (Kanisius, Yogyakarta, 1993).
Gunarto, “ Mengusung Pendidikan Humanistik”, Suara Merdeka, Semarang, 17 Mei 2004.
Gunawan, Ary H. Sosiologi Pendidikan, Suatu Analisis tentang Pelbagai Problem Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000).
Hamdani Ali, H. B, Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: Kota Kembang tt.
Hanif Dhakiri, Moh, Paulo Freire, Islam dan Pembebasan, (Jakarta: Djambatan bekerjasama dengan PENA, 2000).
Haque, Israul, Menuju Renaissance Islam, Diterjemahkan dari Toward Islamic Renaissance kata pengantar Khurshid Ahmad, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003).
Hoodbhoy, Pervez, Islam dan Sains; Pertarungan Menegakkan Rasionalitas Judul asli Islam and Science Religions Orthodoxy and the Battle for Rationality, terj: Luqman, (Bandung: Pustaka, 1997)
Ihsan, Fuad, Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta tt
Irsyad Djuwaeli, M, Pembaharuan Kembali Pendidikan Islam, (Jakarta: Karsa Utama Mandiri, 1998)
Kartono, Kartini, Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis: Apakah Pendidikan Masih Diperlukan, Bandung: Mandar Maju, 1992.
, Pengertian Metodologi Riset Sosial, (Mandar Maju, Bandung, 1996).
Mas’ud, Abdurrahman, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik Humanisme Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Gama Media, 2002).
, Menuju Paradigma Islam Humanis, (Yogyakarta: Gama Media, 2003).
Moleong, J. Lexy Metodologi Penelitian Kualitatif, (Remaja Rosdakarya, Bandung, 1993).
Mu’arif, Wacana Pendidikan Kritis; Menelanjangi Problematika, Meretas Masa Depan Pendidikan Kita, (Yogyakarta: IRCiSoD, 2005).
Mudyahardja, Redja, Filsafat Ilmu Pendidikan Suatu Pengantar, (Bandung, Remaja Rosda Karya, 2001).
Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Pendekatan Positivistik, Rasionalistik,, Pheomenologki, dan Realisme Methapisik, (Yogyakarta: Rakeserasin, 1998).
Munir Mulkhan, Abdul, Nalar Spiritual Pendidikan; Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, (Yogyakarta: PT. Tiara, Wacana Anggota IKAPI, 2002).
Murtiningsih, Siti, Pendidikan Alat Perlawanan; Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire,(Yogyakarta; Resist Book, 2004)
Nata, Abudin, Filsafat Pendidikan Islam I (Jakarta; Logos Wacana Ilmu, 1997).
, Paradigma Pendidikan Islam, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Jakarta: PT Grasindo, Anggota Ikapi, bekerja sama dnegan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2001).
Nawawi, Hadari, Metode Penelitian Bidang Sosial, (Yogyakarta: Gajahmada Univesity Press, 1991)
Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, (Jakarta: Ciputat Press, 2002)
Noer Aly, Hery, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999).
, Watak Pendidikan Islam, (Jakarta: Friska Agung Insani, 2003).
Noor Syam, Mohammad, Filsafat Kependidikan dan Dasar Filsafat Kependidikan Pancasila, (Surabaya: Usaha Nasional, 1986).
Shofan, Moh, Pendidikan Berparadigma Profetik, Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam,(Jakarta: IRCiSoD, 2004).
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994).
Thoha, Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996).
Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, (Yogyakarta: Bigrafi Publishing, 2000).
Published
2015-07-01