Implementasi Model Learning Cycle 5E Berbantu Media Video Pembelajaran di Kelas Online
Abstract
Model Learning Cycle 5E merupakan suatu model pembelajaran yang atraktif dan efisien guna meningkatkan minat dan fokus siswa. Selama pandemi Covid-19, kelas online memiliki banyak sekali tantangan, diantaranya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang sulit dicerna karna tanpa adanya tatap muka secara langsung. Guru dituntut lebih kreatif dalam mendesain pembelajaran agar tidak menjenuhkan dan membuat siswa merasa terbebani dengan tugas-tugas yang menumpuk. Penelitian ini merupakan penelitian study kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang membahas tentang implementasi model Learning Cycle 5E berbantu media vidio pembelajaran sebagai penunjang pemahaman siswa pada kelas online. Diharapkan dengan adanya penelitian ini menambah wawasan guru dalam mendesain pembelajarannya sesuai dengan kebutuhan siswa pada masa pandemi ini.
Downloads
References
Majid, Abdul. 2013 Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet-1.
Arsyad, A., 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asthira, I. W., Kusmariyatni, N., & Margunayasa, I. G. 2016. Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle “5e†terhadap Hasil Belajar IPA siswa kelas V di gugus III. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha., 4(1).
Riyana, Cheppy. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Henich, R., Molenda, M., Russel, J. D., & Smaldino, S. E. 2002. Instructional Media and
Technologies For Learning (Seventh Edition). New Jersey: Pearson Education,Inc.
Kadek, N., Dewi, R., Tastra, I. D. K., & Pudjawan, K. 2016. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Bahasa Bali Untuu Siswa Kelas III. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 5(2).
Silberman, Melvin L. 2009. Strategi Pembelajaran Active Learning, Bandung: Pustaka Insan Madani, Cet-6.
Republik Indonesia, UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,.
Setiawan, I. W. P., Suartama, I. K., & Putri, D. A. W. M. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).
Tegeh, I Made, 2015. Media pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Tegeh, I Made, Simamora, A. H., & Dwipayana, K. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Julnar Mimbar Ilmu, 24(2).
Warsono dan Hariyanto, 2013. Pembelajaran Aktif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,Cet-2.
Copyright (c) 2021 AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.