Pengaruh Terapi Murottal Al-Qur’an Untuk Menurunkan Stres Kerja Pada Guru

  • Muhimmatul Hasanah Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
  • Chilvy Dezy Ayudya Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ima Fitri Sholichah Universitas Muhammadiyah Gresik
Keywords: Murottal Al-Qur'an Therapy, Teacher, Work Stress

Abstract

Abstract: This study was conducted to determine the effectiveness of murottal Al-Qur'an therapy to reduce the stress work toward the teachers at Muslimat NU 29 Mahkota Kindergarten. Work stress is a reaction or psychological process of someone toward the environmental demands which are considered an unpleasant situation with the abilities that exist in him. This study tried to use the experimental quantitative methods with pre-experimental design research with a population of 20 teachers. The research design used in this study was the One – Group Pretest-Posttest Design. The sampling technique in this study used a purposive sampling technique. About the data analysis technique, this study used the Wilcoxon signed rank test The results of statistical analysis showed that there was an effectiveness of murottal Al-Qur'an therapy to reduce work stress. The analysis showed that the experimental group had the experimental group with p-value = 0.012 or p <0.05 that Z count is -2.524 and sig is 0.012 of the Wilcoxon Ranks Test. It means that there was a significantly difference in the experimental group before and after the treatment given.

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh terapi murottal Al Qur’an pada penurunan tingkat stress kerja guru di TK Muslimat NU 29 Mahkota.  Stres kerja merupakan reaksi atau proses psikologis seseorang terhadap tuntutan lingkungan, yang dipandang sebagai situasi yang tidak nyaman dengan kapasitas yang ada di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian berbentuk One – Group Pretest-Posttest Design. Teknik purposive sampling, digunakan untuk mendapatkan subjek penelitian yang berjumlah 20 Guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis uji wilcoxon signed rank test. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh signifikan terapi murottal Al Qur’an terhadapp penurunan tingkat stress guru. Kelompok eksperimen menunjukkan hasil perhitungan uji Wilcoxon Ranks Test didapatkan p-value=0.012 atau p<0.05 bahwa Z hitung adalah -2,524 dan sig adalah 0,012 yaitu ada perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastasi, Anne & Susana Urbina. Tes Psikologi. Edisi ketujuh. Terjemahan (Jakarta: PT. Indeks, 2006).

Anshori, H., & Komalasari, S. Pelatihan Pemaknaan dan Pembacaan Ayat-ayat Al-Quran Untuk Menurunkan Tingkat Stres Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Studia Insania, 6(1), (2018). 019-035.

Arikunto. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. (Jakarta: Rineka Cipta. 2010).

Cooper, C. L., Dewe, P. J., O; Driscoll, M. P. Organizational Stress: A Review and Critique of Theory, Research and Applications. (California: Sage Publications, Inc. 2001).

Faradisi, Aktifah. Pengaruh Pemberian Terapi Murottal terhadap Penurunan Kecemasan Post Operasi. Jurnal Profesi Islam. Vol 15 No 2 (2018).

Ferawati dan Siti Amiyakun. Pengaruh Pemberian Terapi Musik Terhadap Penurunan Kecemasan Dan Tingkat Stress Mahasiswa Semester VII Ilm Keperawatan Dalam Menghadapi Skirpsi Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insane Cendekia Husada Bojonegoro. Bojoegoro: Stikes ICSADA. Jurnal Jumakia, Vol. 1 No. 1 Juni 2015.

Heru. Ruqyah Syar’i Berlandaskan Kearifan Lokal. (Yogyakarta: Nuha Medika. 2012).

Jennings, P. A., & Greenberg, M. The Prosocial Classroom: Teacher Social and Emotional Competence in Relation to Child and Classroom Outcomes. Review of Educational Research, 79, (2009). 491-525

Khilmiyah, Akif. Stres Kerja Guru Perempuan di Kecamatan Kasihan Bantul Yogyakarta. Lentera pendidikan, 15 (2), (2012). 135-143

McCallum, F., & Price, D. Well Teachers, Well Student. Journal of Student Wellbeing, 4 (1), (2010). 19-34

Pedak, M. Mukjizat terapi Qur’an untuk hidup sukses. (Jakarta: Wahyumedia, 2009).

Potter, P.A. & Perry, A.G. Fundemental of Nursing. (7thed). (Mosby: Elsevier Inc, 2009).

Rachman, W., & Ernawati, R. Pengaruh Mendengarkan Murottal Al-Quran Terhadap Stres Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa S1 Keperawatan Semester VII Di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Tahun 2018.

Retelstdorf, J., Schiefele, U. Teachers goal orientation for traching: Association with instructional practices, interest in teaching, and burnout. Learning and Instruction, 20 (2010), 30-40.

Robb, S.L. Murottal assisted progressive muscle relaxation, progressive musclerelaxation, music listening, and silence: A comparison on relaxation techniques. Journal of Music Therapy, 37(1), (2000). 2-21.

Robbins, S.P. Perilaku Organisasi. (Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang, 2008).

Rosyanti, L., & Hadi, I. The Immunity Response and Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 Cytokine Storm Literature Review. (2020).

Schoeberlein, Deborah. Mindful Teaching and Teaching Mindfulness. (Somerville: Wisdom Publications, 2009).

Sugiyono. Statistik untuk Penelitian. (Bandung: Alfabeta, 2010).

Rochman Wahyu, Ernawati R pengaruh mendengarkan murottal Al-Qur’an terhadap stres dalam menyusun skripsi pada mahasiswa S1 keperawatan semester VII di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur: Naskah Publikasi, Universitas Muhamadiyah Kalimantan Timur, (2018).

Vidyawati, A & Hasanah, M. Efektivitas Musik Klasik Untuk Menciptakan Suasana Hati Positif Pada Siswa SMP Semen Gresik. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi). 14 (1), (2019), 71-81. DOI: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v14i1

Widayarti. Pengaruh Bacaan Al-Qur’an Terhadap Intensitas Kecemasan Pasien Sindroma Koroner akut di RS Hasan Sadikin. Tesis: Universitas Padjajaran (2011).

Widyastuti, P. (Ed). Management stress. (Jakarta: EGC. 2003).

Published
2022-07-29
Section
Articles