Masjid Sebagai Pusat Trilogi Pembinaan Tarbiyah Islamiyyah para Salafus Shalih

  • Zainab Rahmatulloh Hikmatul Haq Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Mosque, Boarding Schools, Madrasah, Salafus shalih

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the procedures of the salafus shalih fostering Islamic tarbiyah in the classical era focused on the centre, namely the mosque. A descriptive qualitative method was used in this study, with the type of library research and reviewing several references and literature to obtain the necessary study data. The results of the study stated that the mosque became the centre of the trilogy, an inseparable unit from the madrasa and Pondok, which became the successful procedure on the excellent salafus in fostering Islamic tarbiyah for the ummah and the transformation of the Islamic education system in classical times which started from: First, the mosque system as a trilogy centre. In the early days of Islam, this mosque system was a place for students who wanted to learn to pray, zakat, fasting from the righteous salafus. The development of the current mosque system has separated the system between Islamic boarding schools and madrasas to maintain the existence of a mosque that is calm and solemn. Second, the classic pondok system, a substitute for the mosque system, which is like a halaqah place for religious knowledge, but at this time, it is complicated to find the classic pondok system because it is influenced by several modern system regulations that require following the currents of modern times. Third, the madrasa system is a substitute for a mosque whose position is equivalent to a Pondok; modern Western educational methods have integrated madrasas into the present era.

Keywords: Mosque, Boarding Schools, Madrasah, Salafus Shalih.

 

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tatacara para salafus shalih membina tarbiyah islamiyyah pada zaman klasik terfokus pada pusatnya yaitu masjid. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dengan jenis penelitian kajian pustaka dan mengkaji beberapa referensi serta literatur untuk memperoleh data kajian yang diperlukan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa masjid menjadi pusat trilogi satu kesatuan tak terpisahkan dari madrasah dan pondok yang menjadi tatacara sukses para salafus shalih dalam membina tarbiyah islamiyyah pada umat dan transformasi sistem pendidikan Islam di zaman klasik yang bermula dari: Pertama, sistem masjid sebagai pusat trilogi. Pada awal permulaan Islam, sistem masjid ini merupakan tempat para murid yang ingin belajar shalat, zakat, puasa kepada para salafus shalih. Perkembangan sistem masjid saat ini telah memisahkan sistem antara pondok dan madrasah Islam dengan tujuan mempertahankan eksistensi masjid yang bersifat tenang dan khusyuk. Kedua, sistem pondok klasik, pengganti sistem masjid yaitu seperti tempat halaqoh ilmu agama, namun saat ini sangat susah menemukan sistem pondok klasik karena dipengaruhi oleh beberapa peraturan sistem modern yang mengharuskan mengikuti arus zaman modern. Ketiga, sistem madrasah sebagai pengganti masjid yang kedudukannya setara dengan pondok, madrasah di era sekarang telah menyatu dan terintegrasi dengan mengikuti metode pendidikan Barat modern. 

Keywords: Masjid, Pondok Pesantren, Madrasah, Salafus Shalih.  

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Buchari ·2018. “Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia†2, no. 1 2018): 1–14.

Ahlan, Ahlan. “Peran Masjid Sebagai Basis Peradaban Islam.†An-natiq Jurnal Kajian Islam Interdisipliner 2, no. 2 (2022): 154.

Akhiruddin, KM. “Lembaga Pendidikan Islam Di Nusantara.†Jurnal Tarbiya 1, no. 1 (2015): 195–219.

Alwi, B Marjani, Fakultas Agama, Islam Universitas, and Muhammadiyah Makassar. “PONDOK PESANTREN: Ciri Khas, Perkembangan, Dan Sistem Pendidikannya†(n.d.): 205–219.

Dahlan, Zaini, and Hasan Asari. “Sejarah Keagamaan Dan Sosial Masjid-Masjid Tua Di Langkat.†Jurnal Lektur Keagamaan 18, no. 2 (2020): 333–364. https://jlka.kemenag.go.id/index.php/lektur/article/view/850.

Dalmeri, Dalmeri. “Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Ekonomi Dan Dakwah Multikultural.†Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 22, no. 2 (2014): 321–350. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/walisongo/article/view/269.

Darodjat Wahyudhiana. “Memfungsikan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Untuk Membentuk Peradaban Islam.†Islamadina Volume Xlll, no. 2 (2014): 1–13. http://dx.doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1675.

Effendi, Bahtiar, and Abdul Ghofar Saifudin. “Optimalisasi Fungsi Masjid Sebagai Sarana Dakwah Dan Pemberdayaan Ekonomi Umat.†JIEF : Journal of Islamic Economics and Finance 2, no. 2 (2022): 12–23.

Fathur, Besse Wediawati, and Lucky Enggrani Fitri. “Optimalisasi Fungsi Masjid Sebagai Sentra Pemberdayaan Ekonomi Umat.†Journal Najaha Iqtishod 1, no. 1 (2020): 10–19.

Hendra, Umar dan. “Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Islam Masa Klasik.†“Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam†10, no. 2 (2015): 1–94.

Karim, Hamdi Abdul. “Revitalisasi Manajemen Pengelolaan Peran Dan Fungsi Masjid Sebagai Lembaga Keislaman†5, no. 2 (2020): 139–150.

Mahmudah, Aminatul. “Institusi-Institusi Pendidikan Dan Transmisi Ilmu: Masjid, Madrasah, Dan Lembaga Pendidikan.†Rihlah: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan 9, no. 2 (2021): 64–78. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/rihlah/article/view/25877.

Muslim, Aziz. “Manajemen Pengelolaan Masjid.†Jurnal Aplikasi llmu-ilmu Agama 5, no. 2 (2004): 105–114. http://digilib.uin-suka.ac.id/8309/1/Aziz Muslim Manajemen Pengelolaan Masjid.pdf.

Putra, Ahmad, and Prasetio Rumondor. “Eksistensi Masjid Di Era Rasulullah.†Tasamuh 17, no. 1 (2019): 245–264. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tasamuh/article/view/1218.

Rifa’i, Ahmad. “Revitalisasi Fungsi Masjid Dalam Kehidupan Masyarakat Modern.†Universum 10, no. 2 (2016): 155–163.

Sullam, Muhammad Ridho. “Madrasah, Pondok Pesantren, Dan Revolusi Industri 4.0.†Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer 2, no. 2 (2020): 89–97.

Syafe’i, Imam. “Pondok Pesantren Yang Melembaga Di Masyaraka Satu Lembaga Pendidikan Islam Tertua Di Indonesia . Awal Kehadiran Boarding School Bersifat Tradisional Untuk Mendalami Ilmu-Ilmu Agama Isl.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. I (2017): 61–82.

Tamuri, Ab. Halim. “Konsep Dan Pelaksanaan Fungsi Masjid Dalam Memartabatkan Masyarakat.†Al-Mimbar Journal 1, no. 1 (2021): 1–12. http://almimbar.kuis.edu.my/index.php/almimbar/article/view/11.

Usman, Muhammad Idris. “Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam.†Al Hikmah XIV, no. 1 (2013): 101–119.

Yunus, A Faiz. “Radikalisme, Liberalisme Dan Terorisme: Pengaruhnya Terhadap Agama Islam.†Jurnal Online Studi Al-Qur an 13, no. 1 (2017): 76–94.

Published
2023-06-18
Section
Articles