Teknik Self-Management pada Layanan Konseling untuk Peningkatan Kedisiplinan Siswa
Abstract
Abstract: This research was conducted to determine the influence of Counseling Services with Self-Management Techniques in improving the discipline of MTs. Sunan Drajat Lamongan students. Student Discipline is the attitude or behavior of students who obey and obey the rules in the school and carry out their duties with full awareness. This research uses quantitative experimental methods with research designs in the form of Quasi Expermental Design. Sampling technique with Purposive Sampling, with 16 study subjects. The data analysis technique in this study is the Mann Whitney U-Test. The results of the analysis show a significant influence of Counseling Services with Self-Management Techniques in improving student discipline. Data analysis showed that before treatment, the experimental group and the control group had the same level of discipline, namely Z = -,317; Asymp. Sig.= ,751. and after being given treatment, a value of Z = -2.371 was obtained; Asymp. Sig.= ,001. From the results of the analysis, it can be concluded that Counseling Services with Self-Management Techniques are effective in improving student discipline.
Keywords : Discipline, Self Management, Student
Abstrak : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling dengan Teknik Self-Management dalam meningkatkan kedisiplinan siswa MTs. Sunan Drajat Lamongan. Kedisiplinan Siswa merupakan sikap atau tingkah laku siswa yang taat dan patuh akan peraturan yang ada di sekolah dan menjalankan kewaibannya dengan penuh kesadaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian yang berbentuk Quasi Expermental Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan subjek penelitian yang berjumlah 16 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Mann Whitney U-Test. Hasil dari analisis menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dari Layanan Konseling dengan Teknik Self-Management dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Analisis data menunjukan bahwa sebelum diberikan perlakuan, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki tinhgkat kedisiplinan yang sama, yaitu Z = -,317; Asymp. Sig.= ,751. dan setelah diberikan perlakuan, diperoleh nilai Z = -2,371; Asymp. Sig.= ,001. dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Layanan Konseling dengan Teknik Self-Management efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa.
Keywords : Kedisiplinan, Self-Management, Siswa
Downloads
References
Nidawati, “Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Agamaâ€. Jurnal Pionir, Volume 1, Nomor 1, (Juli-Desember 2013),
Mardia bin Smith, “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara†Jurnal Penelitian dan Pendidikan, Volume 8 Nomor 1, (Maret 2011),
Smith, “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utaraâ€,
Hasibuan, Melayu. S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia. (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016),
Faiqotul Isnaini. Muh. Ekhsan Rifai, Strategi Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar, (Sukoharjo : CV Sindunata, 2018),
Prayitno. Afdal. Ifdil & Zardian Ardi, layanan Bimbingan & Konseling Kelompok, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2017).
Eka Nuryanti, “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019â€, (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).
Dicky Hastjarjo, Ringkasan buku Cook & Campbell. (1979). QuasiExperimentation: Design & Analysis Issues for Field Settings. Houghton Mifflin Co. 2008.
Nurul Fauqan Nurin, “Fektivitas Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas Vii Di Smp Islam Ibnu Khaldun Banda Acehâ€:Skripsi Universitas Negeri Ar-Raniry Jakarta. (2019).
Luthfi Fauzan, Praktik Konseling Teknik Self Managmnent, di upload pada tahun 2009. Diakses pada tanggal 20 Maret 2018, dari situs web: http/Luthfifauzan’sBlog.htm.
Wiwik Setiyani, Keragaman Perilaku Beragama, di upload pada tanggal 17 Agustus 2014. Diakses pada tanggal 22 Juli 2019 dari situs web: http://jurnal.um palembang.ac.id/bora/manajemen-diri-self=management
Nadia Elpiani, “Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Sma Negeri 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatanâ€. Universitas Islam Ar Raniry Banda Aceh.(2020)
Tutut Tampi Agro, “Efektivitas Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Kelas Vii Smp Negeri 5 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017â€. Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri. (2017)
Copyright (c) 2023 AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.