Penggunaan Metode Aktif Learning Tipe Group Diskusi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa di MTs Mambaul Huda Bojonegoro

  • Hamam Burhanuddin Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Siti Nur Hidayatul Khusna Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Firda Firda Rizka Rachma Wahdani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Keywords: Active Learning Method, Aqidah Akhlak, Learning outcome

Abstract

Abstract: This research aims to ascertain the use of active learning methods on the subject of aqidah morals at Madrasah Mambaul Huda. In learning activities, there are several problems faced by educators, including sleepy students, chatting in class during learning, a lack of concentration on the explanations conveyed by the teacher, a soft feeling of students' curiosity, students who don't dare to argue and are passive in class, and low achievement of the minimum completeness criteria. With the above problems, educators took the initiative to change learning strategies by applying the active learning method of group discussions. This qualitative research method uses a descriptive-qualitative approach using observation, in-depth interviews, and documentation. The research results are active learning strategies, including students being able to solve problems, express opinions, respect others, think critically, and want to express their ideas. The inhibiting factors for active learning are discussions dominated by students who like to talk, students who aren't talking tend to be busy alone, discussions take up a lot of time, and sometimes, the themes discussed must be more appropriate.

 

Keywords: Active Learning Method, Aqidah Akhlak, Learning Outcome

 

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan metode pembelajaran aktif untuk meningkatkan aktivitas Peserta didik pada materi aqidahakhlak Madrasah Mambaul Huda, selama kegiatan pembelajaran pendidik dihadapkan pada beberapa masalah antara lain Peserta didik mengantuk, mengobrol di kelas saat belajar, kurang fokus pada pendidik. penjelasan, rasa ingin tahu peserta didik rendah, peserta didik tidak berani membantah, kelas pasif, standar ketuntasan minimal rendah. Menyikapi permasalahan di atas, pendidik berinisiatif mengadopsi metode pembelajaran aktif diskusi kelompok untuk mengubah strategi pembelajaran. Metode penelitian ini adalah kualitatif (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, catatan. Temuan penelitian adalah strategi pembelajaran aktif, antara lain Peserta didik mampu memecahkan masalah, mengemukakan pendapat, Menghormati orang lain, Peserta didik berpikir kritis dan mau mengungkapkan ide-idenya, penghambat belajar aktif adalah waktu diskusi yang dominan dan terkadang kurangnya korespondensi topik yang dibahas.   Kata kunci: Metode Active Learning, AqidahAkhlak, Hasil Belajar Kognitif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Moh Khoerul. “Pembelajaran Mendalam Untuk Membentuk Karakter Siswa Sebagai Pembelajar.†Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 2, no. 2 (December 2017): 97. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1559.

Baharun, Hasan. “Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan.†Jurnal Pendidikan Pedagogik 1, no. 1 (2015): 34–45.

Carolus Borromeus Mulyatno. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.†Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (2022): 1349–58.

Hisyam Zaini, Barmawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. Strategi Pembelajaran Aktif Diperguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD Inastitut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2002.

M. Dahlan R. Konsep Pembelajaran Aqidah Akhlak. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Mubayyinah, Nurrahmatika, and Moh. Yahya Ashari. “Efektivitas Metode Active Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X-A Di SMA Darul Ulum 3 Peterongan Jombang.†Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017).

Mustafa, Dkk. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Penguasaan Konsep Matematika.†Dalam JURNAL PTK DBE3 (Decentralized Basic Education 3), ISSN : 208, no. 01 (2011): 07.

Nata, Abuddin. Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

Putra, Fredi Ganda. “Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif Dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis.†Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 2 (2016): 203–10. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.35.

Rusman. Pembelajaran Tematik Terpadu:Teori, Praktik Dan Penilaian / Oleh, Dr. Rusman, M.Pd. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Silberman, Mel, and Raisul Muttaqien. Active Learning : 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: YAPPENDIS, 2019.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.†Bandung: Alfabeta, 2011, 90. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Toha, Sukron Muhammad. “Pelaksanaan Metode Active Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.†Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2018). https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1364.

Zaini, Hisyam. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta, 2006.

Published
2023-07-01
Section
Articles