Adab Terhadap Ilmu Perspektif Imam Al-Ghazali

  • Sayid Ahmad Ramadhan IAIN Palangka Raya
  • Hendra Sucipto IAIN Palangka Raya
Keywords: Adab, Imam Al-Ghazali, Science

Abstract

Abstract: Mastery of knowledge will influence the quality of manners and morals, so if someone first respects and glorifies knowledge, the results will encourage positive things in their life. On the other hand, if you don't respect and promote knowledge, negative things will emerge in your life. This research aims to describe manners towards Science from Imam al-Ghazali's perspective. The literature review uses sources originating from scientific articles and books. The research results illustrate the principles of al-Ghazali's participants in creating adab or morals towards Science for educators and students. First, always place knowledge in a series of aspects of life. Second, positioning knowledge as it is. Third, study and convey knowledge based on sincerity. Fourth, use knowledge to strengthen ties of friendship. Fifth, do not rely on knowledge for attitudes and actions that tend to be negative, meaning that you should not understand a subject matter according to your wishes and then become an argument or reason to strengthen something unacceptable to the Sharia religion.

Keywords: Adab, Imam al-Ghazali, Science

 

Abstract: Penguasaan terhadap ilmu akan mempengaruhi kualitas adab dan akhlak, sehingga jika seseorang sudah lebih dahulu menghormati serta memuliakan suatu ilmu maka hasilnya akan mendorong munculnya hal-hal postif didalam kehidupannya. Sebaliknya, jika tidak menghormati dan memuliakan ilmu maka akan mendorong munculnya hal negatif dalam kehidupannya. .Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan adab terhadap ilmu menurut perspektif Imam al-Ghazali. Kajian pustaka menggunakan sumber  yang berasal dari artikel ilmiah dan buku. Hasil Penelitian menggambarkan  kaidah Imam al-Ghazali dalam melahirkan adab atau akhlak terhadap  ilmu bagi pendidik maupun peserta didik. Pertama, Senantiasa menempatkan ilmu dalam serangkaian aspek kehidupan. Kedua, memposisikan ilmu sebagaimana tempatnya. Ketiga, mempelajari dan menyampaikan ilmu dilandaskan keikhlasan. Keempat, menggunakan ilmu untuk mempererat tali silaturahim. Kelima, tidak menyandarkan ilmu terhadap sikap dan tindakan yang cenderung negatif, maksudnya jangan sampai menafsirkan suatu materi pelajaran sesuai kehendak kemudian menjadikannya argumen atau alasan untuk memperkuat sesuatu yang sudah jelas tidak dibenarkan syari’at agama.

Keywords: Adab, Ilmu, Imam al-Ghazali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achadah, Alif, dan Mohammad Fadil. “Filsafat Ilmu: Pertautan Aktivitas Ilmiah, Metode Ilmiah dan Pengetahuan Sistematis.†Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (1 Juni 2020): 130–41.

Anwar, Saiful, Reza Reza, Samsirin Samsirin, and Neri Wijayanti. “Pohon Adab: Pemikiran Pendidikan Imam al-Ghazali Dalam Menguatkan Generasi Islami (Studi Analisis Kitab Bidayah al Hidayah).†Proceeding Annual Conference on Islamic Education 2, no. 1 (July 31, 2022). http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied/article/view/21.

Arif, Muhamad. “Adab Pergaulan Dalam Perspektif Al-Ghazâlî: Studi Kitab Bidâyat al-Hidâyah.†Islamuna: Jurnal Studi Islam 6, no. 1 (20 Juni 2019): 64. https://doi.org/10.19105/islamuna.v6i1.2246.

Candra, Wiwin, Ahmad Dibul Amda, dan Bariyanto Bariyanto. “Peran Guru Dan Akhlak Siswa Dalam Pembelajaran: Perspektif Syekh Az-Zarnuji Kitab Ta’lim Muta’allim.†Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (10 Agustus 2020): 262–79. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.100.

Darani, Nurlia Putri. “Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Perspektif Hadis.†Jurnal Riset Agama 1, no. 1 (15 April 2021): 133–44. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14345.

Fadlullah, Muhammad Endy, dan Fathi Hidayah. “Transformasi Pemikiran Al-Ghazali Dari Kecenderungan Rasional Ke Sufistik (Telaah Kritis Epistemologi Sejarah Pemikiran).†Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam 18, no. 2 (29 Oktober 2020): 379. https://doi.org/10.29062/arrisalah.v18i2.400.

Fasya, Adib Aunillah. “Konsep Tasawuf Menurut Imam Al-Ghazali.†JOUSIP: Journal of Sufism and Psychotherapy 2, no. 2 (2022): 153–66.

Home, Terkini, Top News, Terpopuler, Nusantara, Nasional, Kabar Daerah, dkk. “Oknum guru di Kobar diduga cabuli murid saat sekolah.†Antara News Kalteng, 23 Februari 2023. https://kalteng.antaranews.com/berita/621354/oknum-guru-di-kobar-diduga-cabuli-murid-saat-sekolah.

Indah, Astrid Veranita. “Etika Pendidikan Dalam Pemikiran Al-Ghazali Dan Ki Hadjar Dewantara (Sebuah Telaah Pengembangan Pendidikan di Indonesia),†no. 2 (2021).

Jannah, Wasiatul. “Pendidikan Akhlak Pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Rawadenok Depok.†Rayah Al-Islam 5, no. 02 (28 Oktober 2021): 479–93. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.478.

Jaya, Hendra, dan Munirul Abidin. “Pengaruh Pembelajaran Integratif Dan Lingkungan Belajar Dalam Membentuk Karakter Religiusitas-Kebangsaan Pada Santri SMP Islam Bani Hasyim Malang.†Journal of Islamic Education 9, no. 2 (27 Juli 2023): 111–23. https://doi.org/10.18860/jie.v9i2.23098.

Maula, Rifdatul. “Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali,†t.t.

Mukarromah, Mukarromah, Rohman, dan Rika Sartika. “Pendidikan Karakter Perspektif Al-Ghazali:†Jurnal Tila ( Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal ) 2, no. 2 (26 Desember 2022): 302–23. https://doi.org/10.56874/tila.v2i2.1073.

Muslimah, Muslimah, Hamdanah Hamdanah, dan Nina Nina. “Science in Islamic Perspective.†International Research Journal of Management, IT and Social Sciences 7, no. 6 (16 Oktober 2020): 66–71. https://doi.org/10.21744/irjmis.v7n6.1010.

Nasution, Khadijah Rahmah, dan Ali Daud Hasibuan. “Analisis Kenakalan Remaja: Studi Kasus Pada MAN 2 Padangsidimpuan.†EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies 4, no. 1 (2024): 161–71. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.4661.

Nuruddaroini, M. Ahim Sulthan, dan Muh. Haris Zubaidillah. “Adab Murid Kepada Guru Perspektif Alquran (Telaah Tafsir Maudhu’i).†Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur’an dan Hadits 1, no. 1 (13 Agustus 2022): 59. https://doi.org/10.35931/am.v1i1.1047.

Hamida Olfah. “Guru Dalam Konsep Imam Al-Ghazali.†Adiba : Journal Of Education, no. Vol. 3 No. 2 (2023): APRIL (2023): 223–32.

Ong, Priskilla Velicia, dan Ariawan Gunadi. “Pelaku Pedofilia: Hukum Positif Atas Kasus Kekerasan Seksual.†Widya Yuridika: Jurnal Hukum 6, no. 2 (7 Mei 2023): 311–16. https://doi.org/10.31328/wy.v6i2.4268.

Putra, Noval Perdana Astiyan. “Analisis Kasus Kekerasan Dalam Pendidikan (Studi Kasus Penganayaan Guru Terhadap Siswa Di Jogoroto-Jombang).†Jurnal Dinamika Sosial Budaya 25, no. 1 (9 Juni 2023): 102–7. https://doi.org/10.26623/jdsb.v25i2.4204.

Rambe, Lasmi. “Etika Murid dan Guru Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya-Ulumuddin.†Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 1, no. 1 (5 September 2021): 26–33. https://doi.org/10.57251/hij.v1i1.76.

Saihu, Saihu. “Etika Menuntut Ilmu Menurut Kitab Ta’lim Muta’alim.†Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam 3, no. 01 (24 Maret 2020): 99–112. https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.43.

Salim, Agus. “Dikotomi Ilmu Perspektif Imam Ghazali Dan Pengaruhnya Terhdap Kebijakan Pendidikan Di Indonesia.†Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman 10 (June 30, 2022): 1–24. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i1.208.

Sari, Dwi Wulan. “Aktualisasi Hadis Terhadap Krisis Akhlak Peserta Didik†6 (2023).

Sindonews.com. “Samarinda Gempar! Pelajar SMK Tantang Guru Pakai Parang saat Pelajaran Olah Raga.†Diakses 5 Maret 2023. https://daerah.sindonews.com/read/1036643/174/samarinda-gempar-pelajar-smk-tantang-guru-pakai-parang-saat-pelajaran-olah-raga-1677758629.

Sufyan Mubarak. “Riwayat Hidup Dan Pemikiran Al-Ghazali Dan Ibnu Maskawaih.†QISTHOSIA : Jurnal Syariah dan Hukum 1, no. 1 (15 Juni 2020): 50–74. https://doi.org/10.46870/jhki.v1i1.119.

Wandira, Ayu, Muhammad Saleh, dan Ahmad Fuadi. “Konsep Tazkiyat Al-Nafs Al-Ghazali Sebagai Metode Dalam Pendidikan Akhlak.†Khazanah : Journal of Islamic Studies, 9 Februari 2023, 39–52.

Wenni, Osriza, Iswantir M, dan Jasril Jasril. “Pembentukan Akhlak Siswa melalui Perspektif Keagamaan, Adat atau Pembiasaan Siswa di MTsN 4 Lima Puluh Kota.†AHKAM 2, no. 1 (1 Maret 2023): 103–17. https://doi.org/10.58578/ahkam.v2i1.929.

Wiji Nur Haeli, 1831089. “Nilai-Nilai Akhlak Menuntut Ilmu Dalam Qs. Al Kahfi Ayat 60-82 (Studi tafsir as- Sya‟rawi terhadap kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir).†Other, IAINU Kebumen, 2022. https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/840/.

Ya’cub, Mihmidaty. “Pendidikan Akhlak Dalam Pencapaian Ilmu Manfaat.†Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 18, no. 1 (1 Maret 2022): 1–16.

Published
2023-12-30
Section
Articles