Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Tadarruj, Tikrar, dan Tadrib Ibnu Khaldun di Boarding School SMPIT Yogyakarta

  • Mohammad Khoirul Abidin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sedya Santosa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Learning, Arabic, tadarruj method, tikrar, and tadrib

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pembelajaran bahasa arab melalui metode tadarruj, tikrar, dan tadrib Ibnu khaldun di Boarding School SMPIT Yogyakarta. Jenis penelitian yakni pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan Koordinasi Mushrif, Observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi pembelajaran bahasa arab melalui metode tadarruj, takrir, dan tadrib merupakan metode yang sangat efektif bagi peserta didik karena metode tersebut tidak memberatkan peserta didik melainkan peserta didik bisa lebih bisa memahami dan mengingat terhadap materi yang telah disampaikan. Metode tadarruj membantu peseta didik secara kemampuan akalnya yaitu bertahap, takrir melatih peserta didik untuk mengulang-ulang materi yang telah disampaikan baik melalui percakapan atau imla, dan metode tadrib memberi pengalaman secara praktik yang nantinya peserta didik akan terbiasa dalam mengingat dan memahami materi yang sudah pernah disampaikannya.

Keywords: Pembelajaran, Bahasa Arab, Metode tadarruj, tikrar, dan tadrib

Abstract: This research will reveal Arabic language learning through Ibnu Khaldun's tadarruj, takrir, and tadrib methods at the SMPIT Yogyakarta Boarding School. The type of research is a qualitative approach. Data collection techniques include interviews with Mushrif Coordination, observation and documentation, which are then analyzed by reducing data, presenting data and drawing conclusions. The research results show that internalizing Arabic language learning through the tadarruj, takrir, and tadrib methods is very effective because this method benefits students. Still, rather students can better understand and remember the material that has been presented. The tadarruj method helps students with their intellectual abilities, namely in stages. Takrir trains students to repeat material given through conversation or imla, and the tadrib method provides a practical experience so that later, students will get used to remembering and understanding the material already taught. He conveyed.

Keywords: Learning, Arabic, tadarruj method, tikrar, and tadrib

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Zulkifli. “Pendidkan Islam Dalam Perspektif Ibnu Khaldun.†Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 5, no. 1 (2020): 101–15. https://doi.org/10.48094/raudhah.v5i1.60.

Assegaf, Abd. Rachman. Aliran Pemikiran Pendidikan Islam. Surabaya: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.

Djaelani, Aunu Rofiq. “Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif.†Majalah Ilmiah Pawiyatan 20, no. 1 (2013): 82–92.

Fathoni. “Pentingnya Penguasaan Bahasa Arab Bagi Pendakwah.†MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 8, no. 1 (2021): 140–52.

Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam: gagasan-gagasan besar para ilmuwan Muslim. Cetakan 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Khaldun, Ibnu. Al Muqaddimah Li al Allamah Ibnu Khaldun. Al Juz al Awwal. Misr: Musthoa Fahmi al Kutbi, 1337.

Khaldun, Muhammad bin, and Al-Allamah Abdurrahman. Mukaddimah Ibnu Khaldun. Jakarta, Indonesia: Pustaka Al-Kautsar, 2011.

Manaf, A. L. “Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Dunia.†As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 9, no. 1 (May 5, 2020): 1–16. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i1.116.

Mannan, Abd, and Atiqullah Atiqullah. “Kontribusi Pemikiran Ibnu Khaldun Terhadap Kontruksi Pendidikan Agama Islam.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2023): 699–715. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4775.

Pasiska, Pasiska. “Epistemologi Metode Pendidikan Islam Ibnu Khaldun.†El-Ghiroh : Jurnal Studi Keislaman 17, no. 02 (October 12, 2019): 127–49. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v17i02.104.

Suryani, Dede, and Ahmad Syaeful Rahman. “Internalisasi Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Informatif Ibnu Khaldun Di TPQ Daarul Qur’an.†Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung 1, no. 66 (2021): 102–12.

Susanto, A. Pemikiran pendidikan Islam. 1 Cet. 1. Jakarta: Amzah, 2009.

Uns, Baiq Tuhfatul. “KONSEP METODE PEMBELAJARAN IBN KHALDUN DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB.†Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (2018): 1–14.

Ustadz MHNH. Wawancara ketua devisi bahasa, Oktober 2023.

Ustadz RR. Wawancara Ustadz/pengajar, Oktober 2023.

Walidin, Warul. Konstelasi Pemikiran Pedagogik Ibnu Khaldun Perspektif Pendidikan Modern. Cet. 2. Banda Aceh: Taufiqiyyah Sa’adah, 2005.

أبريزال, أمبو بيرا. “الحاجة الملحة لتعلم اللغة العربية ÙÙŠ التربية الإسلامية.†مجلة تعليم المعلمين 2, no. 2 (2021): 39–56.

Published
2024-01-23
Section
Articles