School Well Being dengan Academic Buoyancy pada Mahasiswa Bekerja di Pekanbaru

  • Destri Rahayu Destri Rahayu Universitas Abdurrab
  • Auliya Syaf Universitas Abdurrab
  • Itto Nesyia Nasution Universitas Abdurrab
Keywords: academic buoyancy, school well being, mahasiswa bekerja

Abstract

Academic buoyancy merupakan kemampuan seseorang untuk berhasil mengatasi penurunan akademis dan tantangan sehari-hari dalam lingkungan pendidikan. Salah satu faktor yang mempengaruhi academic buoyancy ialah school well being. School well being adalah kese jahteraan sekolah dimana siswa dapat memenuhi kebutuhan dasarnya di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan school well being dengan academic buoyancy pada mahasiswa bekerja di Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen skala academic buoyancy dan skala school well being. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 200 orang mahasiswa yang bekerja di Pekanbaru yang terdiri dari 75 perempuan dan 125 laki-laki berusia (18 – 42) tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode quota sampling. Berdasarkan hasil analisis korelasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara school well being dengan academic buoyancy dengan nilai sig. 0,000, yaitu semakin tinggi school well being maka semakin tinggi academic buoyancy, begitu pula sebaliknya. Hasil dari penelitian ini dapat membantu mahasiswa bekerja untuk meminimalisir terjadinya tekanan atau stress dalam belajar dengan cara meningkatkan kemampuan academic buoyancy yang didukung dengan adanya school well being pada mahasiswa bekerja secara full time maupun part time.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ario, T. S. (2020). Problematika Pada Mahasiswa Pekerja Paruh Waktu “Part Time.” Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 3.
Bension, J. B., Saija, A. F., & Noija, S. (2021). Academic Buoyancy Mahasiswa Fakultas Kedokteran Ditinjau Berdasarkan Jalur Masuk Perguruan Tinggi Di Universitas Pattimura Ambon. Molucca Medica, 14(20), 91–96. https://doi.org/10.30598/molmed.2021.v14.i2.91
Darolia, R. (2014). Working (and studying) day and night: Heterogeneous effects of working on the academic performance of full-time and part-time students. Economics of Education Review, 38, 38–50. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2013.10.004
Dirmantoro, M. (2015). Motivasi Mahasiswa Kuliah Sambil Bekerja. Fakultas Psikologi, Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Ellyawati, N., Sulfikar., Destari, D., & Rahayu, V. P. (2021). Hubungan Bekerja Part Time Dengan Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman Tahun Akadeellymik 2019/2020. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 9(2), 8-15.
Evans, P., Martin, A. J., & Ivcevic, Z. (2018). Personality, coping, and school well-being: an investigation of high school students. Social Psychology of Education, 21(5), 1061–1080. https://doi.org/10.1007/s11218-018-9456-8
Fatimah, B.S. (2010). Hubungan Antara Stress dengan School well-Being pada Siswa Kelas XI SMA Negeri di Jakarta. Depok:Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Ferdiyanto, F., & Muhid, A. (2020). Stres Akademik pada Siswa: Menguji Peranan Iklim Kelas dan School Well-Being. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 140–156. https://doi.org/10.30996/persona.v9i1.3523
Felix, T., Marpaung, W., & El Akmal, M. (2019). Peranan Kecerdasan Emosional Pada Pemilihan Strategi Coping Pada Mahasiswa yang Bekerja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 39–56. https://doi.org/10.30996/persona.v8i1.2377
Hiunata, C., & Linda, L. (2018). Academic Buoyancy Pada Mahasiswa Yang Bekerja Dan Tidak Bekerja Di Jakarta. Psibernetika, 11(2), 91–100. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v11i2.1434
Hoferichter, F., Hirvonen, R., & Kiuru, N. (2021). The development of school well-being in secondary school: High academic buoyancy and supportive class- and school climate as buffers. Learning and Instruction, 71(July 2020), 101377. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2020.101377
Indriyani, S., & Handayani, N. S. (2018). Stress Akademik Dan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Yang Bekerja Sambil Kuliah. Jurnal Psikologi, 11(2), 153-160. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2260
Indria, I., Siregar, J., & Herawaty, Y. (2019). Hubungan Antara Kesabaran dan Stress Akademik Pada Mahasiswa Di Pekanbaru. 13(1), 21–34.
Irnanda, Y. (2022). Hubungan School Well-Being Dengan Academic Buoyancy Pada Mahasiswa Yang Berkerja. Universitas Muhammadiyah Malang.
Jalal, N. M., Dewi, E. M. P., Basti, B., & Halima, A. (2020). School Well-Being Analysis of Online Learning During Covid-19 in Students and Lecturers. International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT), 958–965. https://ojs.unm.ac.id/icsat/article/view/17871
Kartasasmita, S. (2017). Hubungan antara School Well-Being dengan Rumination. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 248. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.358
Konu, A., & Rimpelä, M. (2002). Well-being in schools: A conceptual model. Health Promotion International, 17(1), 79–87. https://doi.org/10.1093/heapro/17.1.79
Klistiana, Novia. (2018). Problematika Mahasiswa Kuliah Sambil Bekerja Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Iain Palangka Raya. 1–121.
Lusi, R. A. (2021). Penyesuaian diri mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Mediapsi, 7(1), 5–16. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.01.2
Lathifah, N., Adi, A. H., & Na’imah, T. (2021). An Overview of School Well-Being Scale at Students of Muhammadiyah Vocational High School: A Pilot Study. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 2, 97–104. https://doi.org/10.30595/pssh.v2i.111
Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa Bekerja Dan Dampaknya Pada Aktivitas Belajar Dan Prestasi Akademik. Jurnal Economia, 13(2), 201. https://doi.org/10.21831/economia.v13i2.13239
Martin, A.J., Collie, R. J., & Frydenberg, E. (2017). Social and emotional learning: Lessons learned and opportunities going forward. In E. Frydenberg., A.J. Martin., & R.J. Collie (Eds). 1–13.
Martin, A. J., Colmar, S. H., Davey, L. A., & Marsh, H. W. (2010). Longitudinal modelling of academic buoyancy and motivation: Do the “5Cs” hold up over time? British Journal of Educational Psychology, 80(3), 473–496. https://doi.org/10.1348/000709910X486376
Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2008). Academic buoyancy: Towards an understanding of students’ everyday academic resilience. Journal of School Psychology, 46(1), 53–83. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2007.01.002
Marcel, J. (2023). Stress Akademik Pada Mahasiswa Yang Kuliah Sambil Bekerja. Universitas Stekom. https://stekom.ac.id/artikel/stress-akademik-pada-mahasiswa-yang-kuliah-sambil-bekerja. accessed 12 September 2023
Owoeye, J. S., & Yara, P. O. (2011). School facilities and academic achievement of secondary school agricultural science in Ekiti state, Nigeria. Asian Social Science, 7(7), 64–74. https://doi.org/10.5539/ass.v7n7p64
Panjwani, D. R., & Aqil, Z. (2020). Academic Buoyancy Scale (Abs): A Factor Analytical Study. Journal Information and Computational Science, 10(1), 772–780.
Rahma, U., Faizah., Dara, Y. P., & Wafiyyah, N. (2020). Bagaimana Meningkatkan School Wellbeing? Memahami Peran School Connectedness Pada Siswa Sma. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 8(1), 43-53.
Rizki, M., & Listiara, A. (2015). Penyesuaian Diri dan School Well-Being pada Mahasiswa. Seminar Psikologi & Kemanusiaan, 978–979.
Sosiady, M., & Ermansyah, E. (2020). Analisis Dampak Stres Akademik Mahasiswa Dalam Penyelesaian Tugas Akhir ( Skripsi ) ( Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Uin Sultan Syarif Kasim Riau Dan Univeristas Internasional Batam Kepulauan Riau ). Jurnal EL-RIYASAH, 11(1), 14. https://doi.org/10.24014/jel.v11i1.8961
Suhesty, A., & Basuki, Z. N. (2022). Penyesuaian Diri dan Efikasi Diri Akademik terhadap Academic Buoyancy. Jurnal Basicedu, 6(3), 5456–5466. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2763
Suryana, S. (2018). Peran Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(2), 368–378. https://journal.unsika.ac.id/index.php/rabbani/article/view/1443.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tian, L., Liu, B., Huang, S., & Huebner, E. S. (2013). Perceived Social Support and School Well-Being Among Chinese Early and Middle Adolescents: The Mediational Role of Self-Esteem. Social Indicators Research, 113(3), 991–1008. https://doi.org/10.1007/s11205-012-0123-8
Wahyudi, R., Bebasari, E., & Nazriati, E. (2015). Gambaran Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun Pertama. Jurnal Ilmu Kedokteran, 9(2), 107. https://doi.org/10.26891/jik.v9i2.2015.107-113
Published
2024-07-16
Section
Articles