PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Keywords:
Pembelajaran, tematik, kreativitas, hasil belajar.
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilakukan sebagai upaya menjawab permasalahan yang terjadi di kelas I SDN Randusongo 2 Gerih Ngawi. Yaitu pelaksanaan pembelajaran tematik dengan memadukan beberapa mata pelajaran menjadi satu dalam bentuk tema. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengatasi kesulitan belajar pada siswa kelas I SDN Randusongo 2 Gerih Ngawi. Penelitian merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus yang dilaksanakan pada semester genap tahun 2013/2014. Dengan menggunakan 4 tahap PTK yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Poenulis behasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Randusongo 2 Gerih, Ngawi secara signifikan. Dari hasil yang diperoleh melalui penelitian, penulis berkesimpulan bahwa pembelajaran tematik mampu mengatasi kesulitan belajar siswa kelas I SDN Randusongo 2, Gerih Ngawi. Melalui pembelajaran Tematik jumlah nilai siswa bisa meningkat di atas KKM. Terbukti pada Pra Siklus nilai rata-rata siswa hanya 52,38 meningkat menjadi 60,48 pada Siklus I, kemudian pada Siklus II meningkat lagi menjadi 70. Dan pada Siklus terakhir meningkat menjadi 88,10. Dengan demikian, hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini terbukti kebenarannya.References
Daftar Pustaka
Anggoro, T, Metode Penelitian, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.
Arikunto, Suharasimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara,
2008.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rieneka Cipta, 2010.
Arikunto, Suharsimi., Duhardjono & Supardi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Barba, Robertta H, Science In The Multicultural Clasroom, Boston: Allyn and Bacon, 1998.
Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dan Presiden Rebuplik Indonesia, UU SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) 2003 (UU RI No. 20 Th. 2003), Solo: Kharisma, 2005.
Hamalik. Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2010. http://www.sekolahdasar.net/2013/03/tema-pembelajaran-tematik-
pada.html#.Uu7xzhj0zVo, (diakses 3 Februari 2014 pukul 10.05). Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan,
Bandung: Kencana, 2006.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.
Sumantri, M. & Permana, J, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Maulana, 2001.
Wiriatmadja, R, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2005.
Anggoro, T, Metode Penelitian, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.
Arikunto, Suharasimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara,
2008.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rieneka Cipta, 2010.
Arikunto, Suharsimi., Duhardjono & Supardi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Barba, Robertta H, Science In The Multicultural Clasroom, Boston: Allyn and Bacon, 1998.
Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dan Presiden Rebuplik Indonesia, UU SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) 2003 (UU RI No. 20 Th. 2003), Solo: Kharisma, 2005.
Hamalik. Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2010. http://www.sekolahdasar.net/2013/03/tema-pembelajaran-tematik-
pada.html#.Uu7xzhj0zVo, (diakses 3 Februari 2014 pukul 10.05). Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan,
Bandung: Kencana, 2006.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.
Sumantri, M. & Permana, J, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Maulana, 2001.
Wiriatmadja, R, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2005.
Published
2015-12-08
Issue
Section
Articles
HAK CIPTA
Ariktel dalam Jurnal Paradigma Institut dapat digunakan sebagai bahan rujukan karya ilmiah lain dan dapat disebarluaskan kepada pihak lain atau instansi terkait untuk menambah khasanah keilmuan. Jika ada pihak-pihak yang tidak beratanggung jawab menggandakan dengan sengaja maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.