Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Diniyah
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan jenis penelitian yang dipakai adalah studi multi situs, dan pendekatan penelitian adalah kualitatif. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (penyajian data), Conclusion Drawing (Verifikasi). Adapun fokus dari penelitian ini adalah : 1) Bagaimana rekrutmen tenaga pengajar dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam nonformal ?; 2). Bagaimana pengembangan tenaga pengajar dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam nonformal?; 3) Bagaimana evaluasi tenaga pengajar dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam nonformal?. Hasil penelitian: 1) rekrutmen tenaga pengajar di lembaga pendidikan Islam nonformal dilakukan dengan beberapa cara : a) merekrut santri alumni atau binaan sendiri, b) merekrut dari tempat khusus yang dianggap sesuai seperti pondok pesantren atau masjid dan c) dari calon guru yang melamar ke madrasah pada awal tahun pelajaran. 2) pengembangan tenaga pengajar di lembaga pendidikan Islam nonformal dilakukan dengan: a) mengadakan workshop bagi guru pada setiap semester, b) mengikutsertakan guru tertentu dalam pelatihan-pelatihan, c) menumbuhkan kesadaran disiplin, d) menumbuhkan kesadaran ahlak. 3) evaluasi tenaga pengajar dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam nonformal dilakukan dengan : a) rapat evaluasi, b) evaluasi secara langsung, c) control pada saat KBM madrasah, d) daftar hadir guru.
Kata Kunci : “Pengelolaan SDM dan Mutu Pendidikan.â€