PENGARUH KECERDASAN SPASIAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN TIPE GAYA BELAJAR

  • nur cholis Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung

Abstract

ABSTRAK

Dalam pembelajaran selama ini guru kurang memperhatikan keberagaman kecerdasan yang dimiliki oleh siswa. Padahal keberagaman kecerdasan tersebut perlu digali dan dikembangkan oleh siswa melalui bantuan guru. Salah satu kecerdasan yang dimaksud yaitu kecerdasan spasial. Kecerdasan ini sangat diperlukan pada mata pelajaran matematika. Sehingga pengetahuan guru untuk membantu mendorong kemampuan siswa sangat diperlukan. Selain itu, guru perlu memahami gaya belajar siswa agar strategi mengajar guru sesuai dengan karakter siswa sehingga siswa dapat belajar dengan tepat. Berdasarkan hal di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh tingkat kecerdasan spasial berdasarkan gaya belajar (visual, audio, dan kinestetik) terhadap hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitaif dengan jumlah populasi sebanyak 399 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dengan total sampel 200 siswa. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap tingkat kecerdasan spasial berdasarakan gaya belajar (visual, audio, dan kinestetik) terhadap hasil belajar siswa masing-masing diperoleh nilai Sig. 0,00  0,05 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan. Kemudian pada uji Post Hoc menunjukan bahwa setiap tingkatan kecerdasan spasial yaitu tinggi, sedang, dan rendah berpengaruh secara signifikan.

Kata Kunci: Kecerdasan Spasial, Gaya Belajar, Hasil Belajar

 

 

 

 

 

ABSTRACT

All the time of learning system, teachers less focus on the variety of student’s intelligence, even though, those intelligences should be enriched and developed by students through the help of teachers. One of the intelligences is spatial intelligence This intelligence is indispensable to the subject of mathematics. So the knowledge of teachers to help encourage students' skills is necessary. Furthermore, teachers need to understand student’s learning style to optimize the teaching strategy which fits with their character, so that, the students can study more accurate. Based on the above, the following problems should be solved as the formulation problems of this research, that is, Is there any effect from difference of spatial intelligence based on visual, audio, and kinesthetic student’s study style to the study result on line and angle courseThis research uses quantitative approach, where the number of populations is 399 students. Stratifed random sampling is used to get the research sample that contains 200 students. There are some methods to collect data, i.e. test, questionnaire, and documentation. According to the signification value that gets 0,00 <0,05, the result of this research shows that there is an effect from spatial intelligence based on study style to study result on line and angle course. Using post hoc test, the result shows that all of the intelligence level influence the study result significantly.

Keywords: Spatial Intelligence, Study Style, Study Result

 

 

 

Published
2019-04-30