Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbasis Masalah Realistik terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa

  • nur cholis Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran PBL berbasis masalah realistik terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel MTs Darul Falah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Analisis uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa1) Tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaran PBL berbasis masalah realistik terhadap minat belajar matematika siswakelas VII pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel MTs Darul Falah. Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung< ttabel yaitu 0,180 < 1,99 dan nilai sig. (2-tailed) > 0,05 yaitu 0,857 > 0,05 ; 2) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran PBL berbasis masalah realistik terhadap hasil belajar matematika siswakelas VII pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel MTs Darul Falah. Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung> ttabel yaitu 2,035 > 1,99 dan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,046 < 0,05.

 Kata Kunci:Model Pembelajaran, PBL, Masalah Realistik, Minat Belajar, Hasil Belajar

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to determine whether there is an influence of realistic problem-based PBL learning model on the interests and learning outcomes of grade VII mathematics students on the subject of equation and linear inequality of one variable of MTs Darul Falah. The method used in this study is a method with a quantitative approach and the type of Quasi Experimental research with Posttest-Only Control Group Design research design. The sampling technique uses purposive sampling. Data collection techniques used were tests, questionnaires and documentation. Analysis of the hypothesis test using the Independent Sample T-test. Based on the results of the study show that 1) There is no effect of the application of realistic problem-based PBL learning models to students' interest in learning mathematics in class VII on the material equation and linear inequality of one variable MTs Darul Falah. This is evidenced by the acquisition of tcount<ttable which is 0.180 <1.99 and the value of sig. (2-tailed)> 0.05 which is 0.857> 0.05; 2) There is an effect of the application of realistic problem-based PBL learning models to the mathematics learning outcomes of Grade VII students on the subject of equation and linear inequality of one variable of MTs Darul Falah. This is evidenced by the acquisition of tcount> ttable, 2.035> 1.99 and sig. (2-tailed) <0.05 i.e. 0.046 <0.05.

Keywords:Learning Model, PBL, Realistic Problems, Learning Interest, Learning Outcomes.

Published
2019-10-31