Dinamika Pendidikan Pesantren di Era Industri 4.0

  • m kholid thohiri STAI Diponegoro Tulungagung

Abstract

Lembaga pendidikan pondok pesantren merupakan lembaga pendiidkan Islam tertua di Indonesia, bahkan dikatakan sebagai lembaga indegeneous atau asli. Sebagai lembaga pendidikan Islam tertua, eksistensinya sampai hari ini masih mewarnai pendidikan nasional. Perannya dalam mencetak generasi bangsa tidak diragukan lagi. Dalam realitas sejarah, pondok pesantren mengalami dinamika dan perubahan. Hal ini terjadi karena memang lebih banyak factor perubahan zaman, apalagi dalam konteks sekarang memasuki era industry 4.0. Tentunya pondok pesantren tidak statis, namun memiliki tingkat adaptasi yang tinggi. Tadinya pondok pesantren hanya mengajarkan kitab-kitab karya ulama’ klasik atau turats. Namun, sekarang pondok pesantren sudah mampu berkembang dan merespon positif perubahan-perubahan yang datang dari luar. Respon pondok pesantren ini, bisa dilihat dari lembaga-lembaga pendidikan formal dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Hal ini membuktikan pondok pesantren berupaya menjawab tantangan zaman melalui perubahan kelembagaan dan pelayanan pendidikan yang mengakomodir madrasah, sekolah dan bahkan perguruan tinggi

Published
2022-03-15
Section
Articles