PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN TQM UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
ABSTRAK
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Kepala sekolah dituntut senantiasa meningkatkan efektifitas kinerja para staf yang ada di sekolah. TQM adalah sistem manajemen yang berfokus pada orang yang bertujuan untuk meningkatkan secara berkelanjutan kepuasan masyarakat pada tingkat biaya sesungguhnya yang secara berkelanjutan dan terus menerus. Penelitian ini meneliti Peran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan TQM untuk meningkatkan mutu Pendidikan faktor pendukung dan penghambatnya. Sehingga dapat ditemukan Peran Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan TQM Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam kepala sekolah dalam mengambil kebijakan-kebijakan program sekolah yang berkaitan dengan lima pilar TQM (Produk, Proses, Organisasi, Kepemimpinan Dan Komitmen. Melakukan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan dalam melaksanakan program yang telah disepakati bersama. Kepala sekolah juga berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi permasalahan guru dengan baik, beliau menggunakan pendekatan individu maupun kelompok. Untuk faktor Pendukung dari elemen yang ada di sekolah, orang tua siswa, sarana prasarana dan kebijakan kepala sekolah. Daftar penghambatnya sebagian guru kurang bisa menggunakan media, kenakalan siswa dan latar belakang siswa yang berbeda – beda. Secara kinerja para guru, staf dan peserta didik kurang biasa menerima sistem dan prosedur (penerapan TQM secara bertahap) sebagai dasar penciptaan dan pengembangan kultur sekolah menuju perbaikan secara terus menerus sehingga kepuasan pelanggan pendidikan dapat tercapai.
Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah dan TQM