PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN FIKIH
Abstract
ABSTRAK
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, mengambil lokasi di Madrasah Aliyah Al-Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Data primer diperoleh peneliti dari hasil wawancara mendalam, pengelola atau pengurus, dan beberapa dewan guru dan karyawan serta pengamatan terhadap keadaan lokasi. Teknik Pengumpulan Data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan analisis data kasus individu. Pengecekan Keabsahan Temuan menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian Pengembangan Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Al-Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung adalah Gurunya adalah linier dan mengajar sesuai bidangnya, upaya pengembangan yang dilakukan adalah dengan upaya sendiri dan dari kepala sekolah.
Kata Kunci : “Pengembangan Profesional dan Guru.â€