PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI JOYFULL LEARNING

  • Amarodin ama Amarodin Sekolah Tinggi Agama Islam Diponegoro Tulungagung, Indonesia

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, menggunakan data pengamatan secara langsung dari jalannya proses pembelajaran. Dari data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisa melalui tahapan dalam siklus-siklus tindakan. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Prosedur pengumpulan data dengan studi dokumentasi, teknik observasi, teknik tes dan catatan lapangan. Penelitian ini didasari adanya penyebab utama problema belajar adalah faktor eksternal antara lain berupa strategi pembelajaran yang keliru, pengelolaan kegiatan belajar yang tidak membangkitkan motifasi belajar anak, maupun faktor lingkungan yang sangat berpengaruh pada hasil belajar yang dicapai. Hasil penelitian metode pembelajaran berbasis Joufull Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 Kata Kunci      : “Motivasi, Hasil Belajar dan Joyful Learning.â€

Published
2016-10-31