IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS V

  • Amarodin ama Amarodin Sekolah Tinggi Agama Islam Diponegoro Tulungagung, Indonesia

Abstract

ABSTRAK

Untuk mencapai kualitas pembelajaran tersebut, keterampilan guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting dan harus ditingkatkan. Keterampilan tersebut meliputi keterampilan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi. Diantara upaya yang dimaksud ialah penggunaan media pengajaran. Jenis media visual yang dapat digunakan, diantaranya : media realita atau benda nyata, model atau benda tiruan dalam wujud tiga dimensi.

Langkah -  langkah penggunaan media gambar dalam pembelajaran yaitu: Guru atau pendidik menyapa peserta didik, kemudian menyampaikan tujuan dari pembelajaran yang dicapai pada materi yang akan diajarkan dan juga guru atau pendidik memberikan motifasi, memperlihatkan media gambar, memberikan tugas kepada peserta didik atau siswa secara individu maupun kelompok, pelaksanaan tugas oleh siswa, pertanggung jawaban tugas, guru menjelaskan sedikit tentang gambar tersebut dan siswa mencatatnya. Prestasi Belajar Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil pengamatan, wawancara, dan tes dalam pembelajaran menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA dengan materi lapisan bumi meningkatan dari siklus 1 ke siklus II, mulai dari rata – rata pada siklus I sebesar 58,75 dengan presentase 30 % dan pada siklus II sebesar 79 dengan presentase 85 % siswa yang berhasil dalam pembelajaran IPA dengan penggunaan media gambar. 

Kata Kunci      : “Media Belajar dan Minat Belajar.â€

Published
2018-04-30