MANAJEMEN PENDEKATAN PRAGMATIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • eko sigit purwanto

Abstract

ABSTRAK

 Pendekatan yang efektif dalam proses pembelajaran terutama pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat dasar yaitu pendekatan Pragmatik, yaitu merupakan salah satu pendekatan yang memandang bahwa karya sastra dapat dijadikan sebagai alat untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran terutama pembelajaran Bahasa Indonesia. Perencanaan Pendekatan Pragmatik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan Pembelajaran, Pendekatan Pragmatik, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Prestasi belajar. Pelaksanaan Pendekatan Pragmatik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, pendekatan pragmatik dalam pemelajaran Bahasa Indonesia ini menuntut siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan pemeblajaran. Dalam rencana pembelajaranya. Peserta didik diarahakan untuk dapat memperkenalkan diri dan orang lain dalam suatu forum yang resmi. Dalam hal ini guru memberi arahan materi sebelum peserta didik mempraktikkan kompetensi tersebut. Dalam arahanya guru menyampaikan materi bahwa dalam memperkenalkan diri maupun orang lain kita harus memahami situasi yang ada dalam forum itu. Hasil penerapan pendekatan pragmatik dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia.  Penerapan pendekatan pragmatik di Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa Ponggok Blitar dirasa cukup menuai hasil yang baik. Sebagian guru mata pelajaran Bahasa Indonesia merasakan perubahan yang cukup signifikan terhadap kemampuan berbahasa siswanya. Mereka semakin optimis bahwa pada semester ini mata pelajaran Bahasa Indonesia akan mampu bersaing dengan mata pelajaran yang lainya.

 Kata Kunci      : “Manajemen Pragmatik dan Prestasi Belajar.â€

Published
2018-10-31