PENERAPAN METODE BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

  • Sistupani Sistupani STAI Diponegoro Tulungagung

Abstract

ABSTRAK

 Salah satu kegiatan yang harus pendidik lakukan adalah melakukan pemilihan dan penentuan metode untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran akan terjadi jika pemilihan metode tidak dilakukan dengan pengenalan terhadap karakteristik dari masing-masing metode pembelajaran. Oleh karena itu seorang pendidik harus tau hal terbaik yang harus dilakukannya, yaitu dengan mengetahui kelebihan dan kelemahan dari beberapa metode pembelajaran. Jadi, jelas sekali bahwasannya pemilihan dan penentuan metode pembelajaran sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan penerapan metode bermain dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari pembahasan bahwa adanya peningkatan motivasi dari siklus I yaitu 74% meningkat menjadi 88% pada siklus II. Dengan penerapan metode bermain dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari pembahasan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar dari pratindakan yaitu 34% dengan nilai rata-rata 58,84 meningkat menjadi 76,92% dengan nilai rata-rata 79,61 pada siklus I, selanjutnya. Prestasi dan motivasi belajar siswa benar-benar meningkat sehingga pada siklus II mencapai 80,76% dengan nilai rata-rata 87,69. Dan pada akhir tindakan mencapai 88,46% dengan nilai rata-rata 88. Dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa benar-benar mengalami peningkatan.

  Kata Kunci      : “Metode Bermain dan Prestasi Belajar.â€

Published
2018-10-31