PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA
Abstract
ABSTRAK
Komponen-komponen dalam suatu pembelajaran sangatlah penting dalam kelangsungan proses belajar mengajar. Dalam dunia pendidikan harus diakui bahwa sekarang ini masih diselimuti aneka problematika yang berhubungan dengan komponen-komponen tersebut. Penerapan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran IPA di MI Watuagung adalah pembelajaran yang meliputi tiga tahapan yaitu, tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Untuk prestasi belajar siswa meningkat setelah diterapkan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA di MI Watuagung. Hal ini terbukti berdasarkan hasil observasi siklus I pengamatan peneliti 96 %, aktivitas siswa 84 % masuk kategori baik, pada siklus II pengamatan aktivitas peneliti 98 %, aktivitas siswa 92% masuk dalam kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasil evaluasi untuk siklus I yaitu 66,81, untuk siklus II yaitu 78,65, Dari hasil evaluasi tersebut dapat diketahui bahwa ada peningkatan yang signifikan pada rata–rata hasil belajar siswa dari Siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 11,84. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan belajar siswa belum tercapai yaitu sebesar 62,5%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100% yang ada diatas standar ketuntasan yang ditetapkan yaitu 85%, pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 37,5%. Dengan demikian pada siklus II telah mencapai target awal bahwa pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan prestasi belajar IPA.
Kata Kunci : “Strategi Inkuiri dan Prestasi Belajar.â€