PENERAPAN METODE HAFALAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU NAHWU PADA SANTRIPenerapan Metode Hafalan Dalam Meningkatkan Pemahaman Ilmu Nahwu Pada Santri

  • Moh ali sodik STAI Diponegoro Tulungagung
  • Nurul Chusnul Jannah

Abstract

ABSTRAK

 Permasalahan yang dialami dan didapati oleh siswa dalam pembelajaran nahwu dalam metode hafalan misalnya masalah internal ( kurangnya minat, kurangnya mampu membaca dan memahami kitab kuning, faktor bahasa, kurangnya adanya dukungan). Masalah eksternal (fasilitasnya kurang memadai, kitabnya berlafatkan arab tanpa arti dan harokat, dan ketegasan pengurus atau gurunya kurang. Penerapan perencanaa Metode Hafalan di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien yaitu berupa hafalan yang dilakukan didalam kelas, setiap jam pelajaran akan dimulai, hafalan yang diadakan bersifat harian, mingguan, dan akhir semester (mukhafadoh). Dalam pelaksanaan metode hafalan di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien adapun sehubungan dalm meningkatkan pemahaman ilmu nahwu dan untuk memahami kitab kuning tanpa harokat dalam penerapan metode menghafal bait-bait ilmu nahwu ini akan bisa membantu meningkatkan pemahaman meskipun ada beberapa faktor yang menghambat antara lain : Faktor internal, Faktor eksternal, Evaluasi atau hasil dalam penerapan metode hafalan di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien, setiap siswa dalam mencapai sukses belajar, mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Ada siswa yang dapat mencapainya tanpa kesulitan, akan tetapi banyak pula siawa mengalami kesulitan, sehingga menimbulkan masalah bagi perkembangan pribadinya

 Kata Kunci      : “Metode Hafalan dan Ilmu Nahwu.â€

Published
2017-10-31