PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA

  • rifa afuwah
  • Eni Sundari

Abstract

ABSTRAK

 

Salah satu Problematika yang dihadapi dunia pendidikan di negara kita adalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya. Proses pembelajaran di kelas kebanyakan di arahkan pada kemampuan siswa untuk menghafal informasi, otak anak dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran yang seperti itu akan membuat siswa cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Mereka sering tidak memperhatikan pelajaran bahkan mereka terkadang malah bermain atau berbicara dengan teman ketika proses pembelajaran sedang berlangsung sehingga kelas menjadi gaduh  dan pelajaran yang disampaikan oleh guru menjadi tidak efektif. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan adanya pembaharuan dalam proses pembelajaran. Penerapan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran IPA adalah pembelajaran yang meliputi tiga tahapan yaitu, tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Untuk prestasi belajar siswa meningkat setelah diterapkan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA di MI Watuagung. Hal ini terbukti berdasarkan hasil observasi siklus I pengamatan peneliti 96 %, aktivitas siswa  84 % masuk kategori baik, pada siklus II pengamatan aktivitas peneliti 98 %, aktivitas siswa 92% masuk dalam kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasil evaluasi untuk siklus I  yaitu 66,81, untuk siklus II yaitu 78,65, Dari hasil evaluasi tersebut dapat diketahui bahwa ada peningkatan yang signifikan pada rata–rata hasil belajar siswa dari Siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 11,84. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan belajar siswa belum tercapai yaitu sebesar 62,5%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100% yang ada diatas standar ketuntasan yang ditetapkan yaitu 85%, pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 37,5%. Dengan demikian pada siklus II telah mencapai target awal bahwa pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan prestasi belajar IPA.

Kata Kunci      : “Pembelajaran Inkuiri dan Belajar IPA.â€

 

 

Published
2017-10-31