MENYUSUN STANDAR DAN PENILAIAN KINERJA
Konsep Kinerja Guru
Abstract
ABSTRAKPentingnya penilaian guru adalah mengevaluasi setiap elemen tugas pokok guru dalam rangka pengembangan karir, pangkat dan jabatan. Penilaian kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran harus dapat memberikan informasi yang dapat membantu guru meningkatkan keterampilan pedagogiknya untuk membantu siswa mencapai perkembangan pendidikan yang optimal. Di Indonesia, PK Guru dijalankan di sekolah oleh kepala sekolah. Jika kepala sekolah tidak dapat melakukannya sendiri karena jumlah guru yang dirasa terlalu banyak, kepala sekolah dapat menunjuk seorang tutor atau koordinator pengembangan profesional berkelanjutan (GDP) sebagai asesor. Di Indonesia, ada 14 elemen untuk menilai keterampilan guru. dan komponen penilaian kinerja guru di Jepang terdiri dari 7 elemen. Jadwal pelaksanaan penilaian kinerja guru di Indonesia pada awal tahun ajaran dan akhir tahun ajaran, dengan prosedur persiapan, pelaksanaan, penilaian dan pelaporan. Waktu pelaksanaan evaluasi kinerja guru di Jepang adalah awal tahun ajaran, pertengahan tahun ajaran, dan akhir tahun ajaran. Prosedur pelaksanaannya adalah pada awal tahun pelajaran dilakukan perencanaan pembelajaran dan wawancara, wawancara dilakukan pada pertengahan tahun pelajaran, dan pada akhir tahun ajaran dilakukan wawancara lagi.. Tunjangan profesi guru harus disesuaikan dengan kinerja guru dan faktor yang mempengaruhi kinerja guru adalah motivasi, waktu kerja dan lingkungan kerja. Penilaian kinerja guru harus melibatkan pihak luar (orang tua, masyarakat, siswa) untuk menjaga penilaian yang obyektif. Penghargaan harus diberikan kepada guru dan kelompok guru yang telah menunjukkan hasil pengajaran yang baik. Penting untuk menerapkan sanksi bagi guru yang berkinerja buruk atau tidak mencapai hasil yang baik.
Kata kunci: Penilaian, Hasil, Guru