Penerpan Metode Hafalan Dalam meningkatan Pemahamanan Ilmu Nahwu
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di madrasah Hidayatul Mubtadi-ien (mhm) selama ini lebih menekankan kepada metode hafalan dalam ilmu nahwu, dimana saat proses penerapan metode hafalan wali kelas/mustahiqlah yang cenderung lebih aktif dalam memotivasi para santri dalam menghafal, sehingga santri semangat dalam menghafal dan akhirnya bisa memahami ilmu nahwu. Akibatnya, prestasi belajar santri kurang baik. Berangkat dari permasalahan ini peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran dengan metode hafalan nadhom ilmu nahwu untuk meningkatkan prestasi pelajaran nahwu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang menjadi informan adalah pada santri di pondok pesantren hidayatul mubtaadi-ien ngunut tulungagung dengan jumlah santri putra 308. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analilis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan penelitian ini 1) perencanaan penerapan pembelajaran dengan metode hafalan (muhafadoh) untuk meningkatkan prestasi pembelajaran ilmu nahwu pada santri di pondok pesantren hidayatul mubtaadi-ien ngunut tulungagung, dilaksanakan untuk mengetahui keadaan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga peneliti mengetahui keadaan kelas sebelum melakukan penelitian. 2) penerapan model pembelajaran dengan metode hafalan (muhafadoh) untuk meningkatkan prestasi pembelajaran ilmu nahwu pada santri di pondok pesantren hidayatul mubtaadi-ien ngunut tulungagung dengan meyetor hafalan dikelas dengan tiga pertemuan. 3) evaluasi pembelajaran dengan metode untuk meningkatkan prestasi pembelajaran ilmu nahwu pada santri di pondok pesantren Hidayatul Mubtaadi-ien Ngunut Tulungagung dari pertemuan ke pertemuan mengalami peningkatan tetapi ada yang yang terkendala kerena tidak adanya kesadaran dari santri tersebut.
Kata kunci : Metode hafalan, ilmu nahwu