Peran Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan
Abstract
Kepala Madrasah berperan penuh dalam keberhasilan tujuan pendidikan pada lembaga yang di pimpinnya. Kualitas kepala Madrasah ikut berkontribusi besar dalam ikut mendorong keberhasilan tersebut. Karena kepala sekolah harus memiliki profesionalitas demi tercapainya tujuan pendidikan, Oleh karena itu kepala sekolah harus berperan dalam proses perencanaan, pengawasan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam meningkatkan lembaga madrasah yang di pimpin, kepala madrasah harus mampu membina dan mengarahkan guru untuk bekerja profesional guna meningkatkan peserta didik. Selain itu kepala madrasah juga harus mampu menjadi manajer, motivator dan inovator dalam memajukan lembaga pendidikan yang dikelolanya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil situs di MI Irsyadush Shibyan 01 Sukorejo Wetan Rejotangan Tulungagung. Jenis penelitan ini dengan studi kasus dengan sumber data kepala madrasah dan guru MI serta sumber lain yang mendukung sumber data utama. Metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi; dengan teknik analisis data: deduktif, induktif dan komparasi, Pengecekan keabsahan data: triangulasi, diskusi sejawat; Tahap-tahap penelitian: tahap pra lapangan, tahap lapangan, tahap analisa data, tahap penulisan laporan.
Kata kunci : Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan