Implementasi Metode Tilawati da Implementasi Metode Tilawati dalam Meningkatan Hafalan Al-Qur’an

Implementasi Metode Tilawati dalam Meningkatan Hafalan Al-Qur’an

  • KOMARODIN komarelkhat STAI DIPONEGORO TULUNGAGUNG

Abstrak

ABSTRAK

Konteks penelitian: Al quran adalah kitab suci umat islam dan merupakan sumber ajaran islam yang paling penting dan dijadikan sebagi pedoman hidup. Sehingga harus di pelajari, diamalkan dan juga dihafalkan. Menghafal Al Quran adalah suatu hal yang mustahil bagi orang yang belum pernah melakukannya. Karena banyak orang menganggap menghafal Al Quran adalah hal yang sangat sulit. Melihat banyaknya ayat yang terdapat dalam Al Quran, maka dibutuhkan metode-metode khusus dalam kegiatan menghafal Al Quran supaya lebih mudah dan hafalan tetap terjaga. Asumsi peneliti bahwa dengan penerapan metode tilawati dalam mengatasi kesulitan akan diperoleh perubahan prestasi pembelajaran Al Quran yang baik pada peserta didik khususnya pada penghafal Al Quran.

Hasil penelitian meliputi: (1) Perencanaan metode tilawati dilakukan di awal tahun dan bersifat kondisional dengan perencanaan jadwal enam kali pertemuan setiap minggu dengan target mampu menghafal Al Quran dengan baik dan benar dengan perolehan satu juz di tiap satu semester. (2) Implementasi metode tilawati dilaksanakan dengan dua pendekatan klasikal dan individual hafal simak dengan kegiatan mudarosah, ziyadah dan murajaah dengan menggunakan lima tehnik yaitu tehnik1 guru melafalkan siswa mendengarkan, tehik 2 guru melafalkan siswa menirukan, tehnik 3 guru dan siswa melafalkan bersama-sama, tehnik 4 guru dan siswa mengulang bacaan bersama hingga hafal dan yang tehnik 5 guru dan

 

siswa hafal simak. Pendekatan klasikal dilakukan bersama-sama dari awal hingga akhir pembelajaran tahfidz. Sedangkan pendekatan individual hafal simak dilakukan saat kegiatan talaqqi yaitu kegiatan mempresentasikan hafalan kepada guru tahfidz dan siswa lain menyimak. (3) Evaluasi dilaksankan dalam tiga tahapan, yaitu evaluasi awal atau pretest, dilakukan untuk penentuan anggota kelompok, evaluasi harian dilakukan setiap pertemuan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas hafalan siswa dan evaluasi kenaikan juz untuk mengevaluasi metode mengajar yang diterapkan serta untuk mengetahui hasil hafalan peserta didik.

 

 

Diterbitkan
2022-04-21