Jurnal

DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Amarodin Amarodin Sekolah Tinggi Agama Islam Diponegoro Tulungagung, Indonesia

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan agama Islam berusaha secara maksimal untuk menentukan kepribadian siswa berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan dalam Al-Qur`an dan As-Sunnah. Hal ini berarti bahwa pendidikan agama Islam memerlukan metode pembelajaran yang cocok dan harus mendapat perhatian serius dari para guru agama karena memiliki pengaruh yang sangat berarti atas keberhasilannya. Dalam mentransfer pengetahuan agama kepada siswa dibutuhkan desain atau metode pembelajaran agar para siswa mampu menangkap pesan yang hendak disampaikan. Karena pentingnya pembelajaran agama Islam maka  desain pembelajaran yang sesuai menjadi prioritas yang sangat diperlukan.

Penelitian ini membahas tentang desain pembelajaran pendidikan agama Islam dan metode pembelajaran pendidikan agama serta bentuk evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam.

Desain pembelajaran pendidikan agama Islam membutuhkan ketepatan guru dalam memilih model pembelajaran yang meliputi ketepatan dalam melakukan pendekatan, metode, memilih bahan ajar, menyediakan media seperti buku pelajaran, pola interaksi dengan siswa dan pengelolaan kelas yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. 2) metode pembelajaran yang digunakan para guru haruslah metode yang bervariasi seperti metode ceramah, diskusi, demonstrasi dan hafalan. Para guru juga memilih dan menggunakan metode yang sesuai dengan materi, kondisi dan situasi di kelas sehingga peserta didik mudah paham apa yang telah disampaikan oleh guru. 3) evaluasi terhadap siswa dengan dua macam test yakni test sumatif dan formatif.

 

Kata Kunci: Desain , Perencanaan, Metode,  Evaluasi Pembelajaran PAI

Published
2022-04-21