PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Ghazali.
Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya enggunakan metode dokuemntasi, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis induktif dan deduktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan akhlak sebagai inti atau puncak dari semua bentuk pendidikan. Pendidikan ini pula yang sebenarnya menjadi tujuan dari seluruh system pendidikan yang ada. Maka faktor keteladanan yang utama menjadi bagian dari metode pengajaran yang amat penting.
Kata Kunci : Pendidikan Akhlak, Al-Ghazali
Referensi
Arifin, Muhammad, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Semarang: Rineka Cipta, 1997)
Bakhry, Sama’un, Menggagas Konsep Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2005)
Daulay, Haidar Putra, Pembelajaran Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)
Departemen Agama RI, Al Qur an dan Terjemah (Jakarta, 1995)
Ibnu Rusn, Abidin, Pemikiran Al Ghazali Tentang Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998)
Maulana, Deddy, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaj Rosdakarya, 2006)
Mujib, Abdul, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2006)
Na’im, Ngainun dan Ahmad Syauqi, Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi, (Bandung: Ar Ruzz Media, 2010)
Nata, Abudin, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Griya Media Pratama, 2005)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.