EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI AINUL ULUM 01 KAROBELAH MOJOAGUNG JOMBANG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, efektivitas metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak dan mengetahui faktor yang mempengaruhi di MI Ainul Ulum 01 Kerobelah Mojoagung Jombang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti dilapangan sangat penting. Data yang berbentuk kata-kata diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, efektivitas metode diskusi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Bukti bahwa proses pembelajaran ini efektif yaitu siswa tertarik, termotivasi, berminat, dan aktif ketika proses pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi.
Kata kunci : Efektivitas; Metode Diskusi; Prerstasi Belajar Siswa
Referensi
Furchan, Arief, Pengantar Metode Penelitian Kualitataif (Surabaya: Usaha Nasional, 1992)
https://m.oase.id/read/qW0mVR-10-hadis-tentang-pendidikan Di akses pada 10 April 2024 pukul. 14.47
Kautsar, Muhammad, “Skripsi” Efektifitas Metode Diskusi Dalam Pelajaran PAI SMP Negeri 6 Banda Aceh. (Aceh : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam UIN Ar-Raniry, 2017)
Maqi, Hidayatul, “Skripsi” Efektifitas Penerapan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran IPS kelas 5 di Ma Ma’arif NU 02 Panusupan Cilongok Banyumas. (Purwokerto : Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto, 2017)
Miles dan Huberman dalam Saipul Annur, Metodologi Penelitian Pendidikan (Palembang: CV. Grafiko Telindo Press, 2008)
Munir, Yusuf, Pengantar Ilmu Pendidikan. (Sulawesi Selatan : IAIN Papolo, 2018)
Pratiwi, Resky, “Skripsi” UIN Alaudin (Makasar, 2018)
Rohmawati, Afifotu, “Efektifitas Pembelajan”, Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 9 Edisi 1, April 2015
Shohib, Muhammad, Al-Qur’an Tajwid, (Bogor, Syaamil Qur’an, 2007)
Wawancara dengan Indah Feristina, Guru Akidah Akhlak MI Ainul Ulum 01, tanggal 11 April 2024
Wawancara dengan Ahmad Mi’an, Wakil Kepala Madrasah MI Ainul Ulum 01, tanggal 14 April 2024
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.