Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif melalui Media E-Learning Madrasah di MTsN 1 Kota Malang

  • Siti Nurul Fitriani Pendidikan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Syarifah Syarifah Pendidikan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ali Susanto Pendidikan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, E-Learning Covid-19

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan E-Learning Madrasah sebagai pembelajaran modern bahasa Arab dengan aplikasi yang mudah dan menyenangkan serta mencakup empat maharoh. Untuk memenuhi tujuan tersebut penulis menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif. Hasilnya adalah (1) E-Learning Madrasah merupakan pembelajaran modern bahasa Arab yang digunakan secara daring pada Pembelajaran Jarak Jauh (2) E-Learning Madrasah menyediakan beberapa main menu pembelajaran bahasa Arab seperti Timeline Kelas, Video Conference, KriteriaKetuntasan Minimum, RencanaPembelajaran, Bahan Ajar, Data SiswaTergabung, Absensi Kelas, Jurnal Guru, Computer Based Test (CBT), PenilaianPengetahuan (KI3), Penilaian Keterampilan (KI4), Penilaian Akhir Semester, Rekap Nilai Rapor, Monitoring Aktifitas Siswa.

Referensi

Alim, Adam Ahmad Syahrul, and Abdulloh Hamid. “Efektivitas Sistem E-Learning Quipper School Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X MA Ihyaul Ulum Gresik.” Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2020): 34–39.

Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Chandrawati, Sri Rahayu. “Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran.” Jurnal Cakrawala Kependidikan 8, no. 2 (2010): 218616.

Dahiya, Shashi, Seema Jaggi, K. K. Chaturvedi, Anshu Bhardwaj, R. C. Goyal, and Cini Varghese. “An ELearning System for Agricultural Education.” Indian Research Journal of Extension Education 12, no. 3 (2016): 132–35.

Effendi, Empy, and Hartono Zhuang. E-Learning Konsep Dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005.

https://elearning.kemenag.go.id/. “E-Learning Madrasah Official.” Accessed December 29, 2020. https://elearning.kemenag.go.id/web.

Keengwe, Jared, and David Georgina. “The Digital Course Training Workshop for Online Learning and Teaching.” Education and Information Technologies 17, no. 4 (2012): 365–79.

Putry, Hesty Maulida Eka, Venia Nuzulul’Adila, Rofiatus Sholeha, and Danial Hilmi. “Video Based Learning Sebagai Tren Media Pembelajaran Di Era 4.0.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 5, no. 1 (2020): 1–24.

Rohmah, Lailatu. “Konsep E-Learning Dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam.” An-Nur: Jurnal Studi Islam 3, no. 2 (2016).

Sanaky, Hujair AH. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2009.

Siahaan, Sudirman. “Penelitian Penjajagan Tentang Kemungkinan Pemanfaatan Internet Untuk Pembelajaran Di SLTA Di Wilayah Jakarta Dan Sekitarnya.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Halaman, 2002, 784–808.

Sudaryanto, Dwi Heri. “Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembeljaran Mandiri.” Swara Patra 6, no. 4 (2016).

Tambunan, Hamonangan. “Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran.” Jurnal Teknologi Pendidikan 4, no. 01 (2011): 104–13.
Diterbitkan
2020-12-31