Kajian Konfirmatif Dampak Disiplin Siswa dan Tingkat Pendidikan Orang Tua pada Peningkatan Prestasi Belajar Siswa

  • Wahyu Dwi Lestari STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia
  • Siami STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia
Kata Kunci: Disiplin Siswa, Pendidikan Orangtua, Prestasi Belajar

Abstrak

Disiplin siswa dan pendidikan orangtua telah menjadi obyek kajian karena dampaknya dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian adalah mengkonfirmasi teori dan hasil-hasil penelitian terdahlu yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara disiplin dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Subyek yang diteliti adalah peserta didik dari SD Sunan  Giri Ngebruk Sumberpucung  Malang, dengan unit observasi adalah peserta didik tersebut. Prestasi belajar dibatasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana data didapatkan  melalui survey menggunakan angket. Sejumlah 85 jawaban responden diolah menggunakan analisis regresi. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara disiplin, dan tingkat pendidikan orangtua terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian berimplikasi pada pentingnya perilaku disiplin belajar pada anak serta pentingnya orang tua berpendidikan tinggi agar dapat mendorong anak untuk lebih semangat belajar guna meningkatkan prestasi belajar mereka.

Referensi

Adiputra, Sofwan, and Mujiyati Mujiyati. (2017). “Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Di Indonesia: Kajian Meta-Analisis.†Konselor 6, no. 4: 150–57.

Andrayani, Anik. (2017). “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 5 Todanan Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2016/2017.†Semarang, Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo.

Djamarah, Syaiful Bahri. (1994). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Gordon, Thomas. (1996). Mengajarkan Anak Disiplin Diri. Jakarta: Gramedia Pustakan Utama.

Purbaningsih, Seruni. (2016). “Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutasari Tahun Pelajaran 2015/2016.†Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Puspitasari, Kartika. “Hubungan Dukungan Belajar PAI Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Di SD Islam Al Madina Semarang.†UIN Walisongo, 2014.

Santoso, Alexander Budi. (2012). “Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Minat Siswa Dalam Bermusik Di SMP N 5 Depok Sleman Yogyakarta.†Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Singarimbun, Masri. (1995). Metode Penelitian Survai. Jakarta: Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).

Suhartono, Suparlan, and Ilyya Muhsin. (2007). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suwarno. (1988). Pengantar Umum Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru.

Wirawati, Laeli. (2015). “Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII-A Madrasah Tsanawiyah NU Futuhiyyah Donomulyo Kabupaten Malang.†Skripsi, STIT Ibnu Sina Malang.

Diterbitkan
2022-06-30