PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI SUPERVISI KEPALA MADRASAH

  • Ahmad Muzakki UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Lailatul Badriyah UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Penelitian dalam artikel ini bertujuan untuk menjelaskan secara kualitati tentang bagaimana pelaksanaan supervise kepala madrasah, dalam supervise kepala madrasah, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, yakni: program supervise yang disusun oleh kepala madrasah, prinsip supervisi yang diterapkan kepala madrasah, pendekatan yang digunakan oleh kepala madrasah dalam melakukan supervisi, evaluasi oleh kepala madrasah setelah melakukan supervise dan kepala madrasah melakukan tindak lanjut atas hasil dari supervisinya. dalam artikel ini akan mendeskripsikan bagimana proses supervise yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam rangka meningkatkan kompetensi guru.

Dalam penulisan artikel ini, dapat menunjukkan peran serta kepala madrasah sebagai berikut : program supervisi yang terdiri dariĀ  sasaran, tujuan jadwal dan instrument yang dibuat oleh kepala madrasah, kepala madrasah harus kooperatif, humanis dan berseinambungan, serta prinsip kolaboratif.

Kata Kunci : Peningkatan Kompetensi Guru

Published
2021-03-14
How to Cite
Muzakki, A., & Badriyah, L. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI SUPERVISI KEPALA MADRASAH. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 10(2), 197-207. https://doi.org/10.36835/hjsk.v10i2.3504
Section
Articles