Manajemen Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Di SMP Negeri 1 Balen
Abstract
Abstrak, Pendidikan adalah wadah yang paling tepat untuk membentuk jiwa kewirausahaan seseorang khususnya bagi siswa. Penelitian ini mengkaji tentang manajemen kepala sekolah dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data ini adalah Kepala sekolah, penanggungjawab kegiatan, dan siswa. Hasil analisa yang diketahui adalah 1) Manajemen Kepala sekolah dilakukan melalui empat proses yaitu a)Perencanaan, Kepala sekolah menyusun progam kewirausahaan b)Pengorganisasian, Kepala sekolah memberikan tanggungjawab terhadap guru dan siswa untuk mengkoordinator kegiatan, dalam kegiatan perkebunan, perikanan, dan pertanian siswa diajari cara menanam, memberi makan ikan, cara pengairan tanaman, dan cara pengolahan kegiatan c)Pelaksanaan, dilakukan satu minggu satu kali setiap hari Sabtu dan digilir setiap kelas oleh koordinatornya d)Kepala sekolah untuk evaluasi mengadakan rapat terhadap penanggungjawab kegiatan. 2) Faktor pendukung dari semua warga sekolah mendukung semua kegiatan, sarana dan prasarana yang memadai, dan adanya penanggungjawab masing-masing kegiatan. Faktor penghambat waktu yang kurang efektif, pemasaran kegiatan hanya diadakan pada momen-momen tertentu. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan siswa agar dapat berfikir kreatif, inovatif, tanggungjawab, dan kerja kerja keras.
Kata Kunci: Manajemen Kepala Sekolah, Kewirausahaan, Siswa
Abstract, Education is the most appropriate place to form a person's entrepreneurial spirit, especially for students. This study examines the management of school principals in developing students' entrepreneurial spirit. This research uses qualitative research methods with descriptive research type. Collecting data using interviews, observation, and documentation. The source of this data is the principal, the person in charge of the activity, and students. The results of the analysis that are known are 1) Principal management is carried out through four processes, namely a) Planning, the principal prepares an entrepreneurial program b) Organizing, the principal assigns responsibility to teachers and students to coordinate activities, in plantation, fishery, and agricultural activities students are taught how to plant, feed fish, how to irrigate plants, and how to process activities c) Implementation, carried out once a week every Saturday and rotated each class by the coordinator d) The principal for evaluation holds a meeting of the person in charge of the activity. 2) Supporting factors from all school members support all activities, adequate facilities and infrastructure, and the existence of a person in charge of each activity. Ineffective time-limiting factor, marketing activities are only held at certain moments. This activity aims to develop the entrepreneurial spirit of students so they can think creatively, innovatively, take responsibility, and work hard.
Keywords: Principal Management, Entrepreneurship, Students
Copyright (c) 2022 Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta dari artikel yang diterima oleh Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman bisa disebarkan untuk publik