Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Islam
Abstract
Abstrak:
Teknologi menjadi faktor penting dalam dunia pendidikan, terutama dalam pembelajaran. Karena pembelajaran sekarang baik visual maupun audio membutukan bantuan teknologi dalam prakteknya. Hal ini sesuai dengan system pendidikan modern yang berpusat pada siswa (student centered) dengan prinsip-prinsip yang sesuai dengan pendidikan islam. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan membahas peran teknologi pembelajaran dalam pendidikan islam. Metode penulisan ini adalah kajian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif dan eksploratif. Dapat disimpulan bahwa teknologi pembelajaran dalam pendidikan islam: (1) Penggunaan teknologi pembelajaran pendidikan Islam harus didasarkan pada prinsip-prinsip; dapat merubah (replicability), dapat dipercaya (realibility), membuat keputusan algorithmic, komunikasi dan pengendalian (communication and control), dan efek dari skala (the effect of scale). (2) Urgensi teknologi pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam yaitu (a) Mempermudah pemahaman anak. (b) Membuat hafalan dan pemahaman anak lebih lama karena seluruh indra dilibatkan untuk beajar. (c) Meningakatkan minat belajar anak. (d) Membantu dalam pemantapan iman. (e) Membantu dalam keberhasilan pembelajaran. (f) Membantu dalam mengatasi problematika moral dan penyimpangan-penyimpangan akhlak bahkan menghilangkan sifat-sifat tidak baik.
Copyright (c) 2016 Dar el-Ilmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta seluruh isi artikel dalam jurnal ini ini ada pada Dewan redaksi Dar el-Ilmi. Siapapun pembaca diperbolehkan mengutip sebagaian isi atau secara keseluruhan untuk kepentingan ilmiah atau kepentingan lain yang dapat dipertanggungjawabkan, dengan tetap mencantumkan pengutipannya.