https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/iai-tabah/issue/feed Ejournal IAII TABAH Lamongan 2016-01-31T04:15:24+00:00 Sjahidul Haq Chotib sjahidulhaq@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal IAI TABAH</p> https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/iai-tabah/article/view/1280 MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERAN SERTA WARGA SEKOLAH DAN MASYARAKAT 2016-01-31T04:15:21+00:00 Juni Iswanto juniiswanto@gmail.com <p>Pelaksanaan reformasi pendidikan memerlukan kesiapan semua pihak untuk berubah demi meningkatkan kinerja sistem pendidikan nasional, salah satunya adalah manajemen peningkatan mutu berbasisi sekolah (MPMBS). Sebagai konsekuensi dari otonomi daerah, MPMBS diartikan sebagai manajemen yang memberikan otonomi lebih besar, memberikan fleksibilitas kepada sekolah dan mendorong partisipasi secara langsung dari warga sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan mutu sekolah. MPMBS merupakan bagian dari manajemen berbasis sekolah (MBS) yang pada saatnya nanti akan menjadi MBS. Tujuan MPMBS adalah (1) membantu sekolah menjelaskan pengelolaan sekarang dan mendatang, (2) mendorong dan mendukung partisipasi masyarakat, (3) mendorong adanya <em>decision making</em> di tingkat sekolah. Keberhasilan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah ditentukan oleh adanya manajerial yang kokoh, sehingga kepala sekolah dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan menyenangkan. Guru juga harus berkreasi dalam meningkatkan manajemen kelas, mengingat guru adalah teladan dan panutan langsung para siswa di kelas. Sedangkan pemberdayaan masyarakat, dalam MPMBS, dimaksudkan untuk mengoptimalkan secara efektif dan efisien terhadap kinerja elemen sekolah, yaitu kepala sekolah, guru, tenaga administrasi, murid, orang tua murid dan masyarakat.</p> 2015-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2016 Madinah: Jurnal Studi Islam https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/iai-tabah/article/view/1282 MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERAN SERTA WARGA SEKOLAH DAN MASYARAKAT 2016-01-31T04:15:24+00:00 Juni Iswanto juniiswanto@gmail.com <p>Pelaksanaan reformasi pendidikan memerlukan kesiapan semua pihak untuk berubah demi meningkatkan kinerja sistem pendidikan nasional, salah satunya adalah manajemen peningkatan mutu berbasisi sekolah (MPMBS). Sebagai konsekuensi dari otonomi daerah, MPMBS diartikan sebagai manajemen yang memberikan otonomi lebih besar, memberikan fleksibilitas kepada sekolah dan mendorong partisipasi secara langsung dari warga sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan mutu sekolah. MPMBS merupakan bagian dari manajemen berbasis sekolah (MBS) yang pada saatnya nanti akan menjadi MBS. Tujuan MPMBS adalah (1) membantu sekolah menjelaskan pengelolaan sekarang dan mendatang, (2) mendorong dan mendukung partisipasi masyarakat, (3) mendorong adanya <em>decision making</em> di tingkat sekolah. Keberhasilan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah ditentukan oleh adanya manajerial yang kokoh, sehingga kepala sekolah dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan menyenangkan. Guru juga harus berkreasi dalam meningkatkan manajemen kelas, mengingat guru adalah teladan dan panutan langsung para siswa di kelas. Sedangkan pemberdayaan masyarakat, dalam MPMBS, dimaksudkan untuk mengoptimalkan secara efektif dan efisien terhadap kinerja elemen sekolah, yaitu kepala sekolah, guru, tenaga administrasi, murid, orang tua murid dan masyarakat.</p> 2015-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2016 Madinah: Jurnal Studi Islam